Lihat ke Halaman Asli

Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 Tidak Bertujuan Membuat Prosedur

Diperbarui: 30 April 2018   11:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Prosedur merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi, prosedur adalah alat yang penting untuk mendukung tercapainya tujuan yang sudah direncanakan oleh perusahaan. 

Sistem manajemen mutu sendiri harus dibangun dalam kerangka tujuan. Tujuan adalah hal utama yang harus diperjelas sebelum membangun sistem mutu, dan dari situlah para personil memikirkan bagaimana proses  mencapai tujuan tersebut dapat berjalan secara terkendali agar hasilnya efektif. Salah satu pendekatan dalam pengendalian proses adalah panduan kerja yang jelas. Panduan kerja inilah yang dinamakan prosedur. 

Perlu atau tidaknya suatu prosedur tergantung pada dampak dari proses kegiatan. Jika dampaknya kritis atau karena dipersyaratkan oleh standar maka prosedur diperlukan. Tetapi apabila suatu proses sangat sederhana dan standarpun tidak mensyaratkan maka prosedur tidak diperlukan.

Jangan melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat, tidak semua proses memerlukan prosedur, karena itu alangkah baiknya ketika hendak membuat prosedur, para personil merundingkan terlebih dahulu apakah suatu proses harus memakai prosedur atau tidak.

Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001" By WIlly Susilo

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline