Lihat ke Halaman Asli

Perusahaan Menumpukan Harapan pada Badan Sertifikasi untuk Perbaikan Kinerja Bisnis

Diperbarui: 12 April 2018   13:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Badan sertifikasi tidak memiliki tanggung jawab untuk membantu meningkatkan kinerja bisnis. Assessor badan sertifikasi tidak disiapkan untuk itu dan juga itu diluar tanggung jawab mereka. Dan kalaupun mereka mau, apakah mereka mengetahui seluk beluk proses dalam perusahaan? Assessor menekankan audit pada compliance audit, mereka memeriksa apa seluruh persyaratan standar sudah dipenuhi? jika belum maka akan jadi temuan dan perusahaan harus mengoreksi penyimpangan tersebut.

Sikap baik yang harus dimiliki oleh perusahaan terhadap badan sertifikasi salah satunya adalah untuk mengganggap badan sertifikasi tidak ada. Jadi berfikir soal pencabutan sertifikat itu tidak penting, perusahaan lebih baik berfokus pada bagaimana perusahaan mengamankan bisnis dan menggali nilai tambah secara kreatif dalam kerangka sistem manajemen mutu ISO 9001 melalui audit internal.

Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001" By WIlly Susilo

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline