Badan sertifikasi tidak memiliki tanggung jawab untuk membantu meningkatkan kinerja bisnis. Assessor badan sertifikasi tidak disiapkan untuk itu dan juga itu diluar tanggung jawab mereka. Dan kalaupun mereka mau, apakah mereka mengetahui seluk beluk proses dalam perusahaan? Assessor menekankan audit pada compliance audit, mereka memeriksa apa seluruh persyaratan standar sudah dipenuhi? jika belum maka akan jadi temuan dan perusahaan harus mengoreksi penyimpangan tersebut.
Sikap baik yang harus dimiliki oleh perusahaan terhadap badan sertifikasi salah satunya adalah untuk mengganggap badan sertifikasi tidak ada. Jadi berfikir soal pencabutan sertifikat itu tidak penting, perusahaan lebih baik berfokus pada bagaimana perusahaan mengamankan bisnis dan menggali nilai tambah secara kreatif dalam kerangka sistem manajemen mutu ISO 9001 melalui audit internal.
Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001" By WIlly Susilo
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H