Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Apresiasi untuk Mendorong Semangat Karyawan

Diperbarui: 4 April 2018   11:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Motivasi adalah aspek krusial dalam menjalankan ISO 9001.

Hidup tanpa motivasi ibarat manusia tanpa jiwa. Maka dari itu motivasi sudah seperti kebutuhan.

Menurut teori Maslow, ada 5 tingkatan kebutuhan manusia :

1. Kebutuhan fisiologis

2. Kebutuhan rasa aman/perlindungan

3. Kebutuhan sosial (dicintai & mencintai)

4. Kebutuhan pengakuan dan penghargaan

5. Kebutuhan aktualisasi diri (mengejar prestasi)

Program mutu tanpa sentuhan motivasi ibarat kendaraan tanpa bahan bakar. tidak akan bergerak. Manusia bisa digerakan oleh motivasi intrinsik bersumber dari dalam diri misalnya sistem nilai atau idealisme, bisa juga karena faktor eksternal misalnya karena adanya hadiah atau sanksi.

Dalam konteks bisnik idealisme adalah barang langka, karena itu perlu faktor pendorong dari luar, contohnya dalam program mutu misalkan mengadakan forum apresiasi mutu sebagai wadah untuk pemberian penghargaan kepada karyawan yang telah berprestasi.

Dengan begitu karyawan akan lebih bersemangat untuk melakukan hal yang terbaik bagi perusahaan.

Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001"




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline