Lihat ke Halaman Asli

Sertifikat Bukan Tujuan Utama Manajemen Mutu

Diperbarui: 28 Maret 2018   15:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Untuk mencapai keberhasilan, kita harus mempunyai sasara,, begitu pula dalam mengadopsi ISO 9001, kita harus punya tujuan yang jelas, yang tertarget, sehingga kita bisa mengerahkan sumberdaya secara fokus.

Sertifikat bisa dianggap suatu keberhasilan, tetapi jika setelah mendapat sertifikat tp perusahaan masih tidak memperhatikan persyaratan pelanggan, makan menjadikan sertifikat sebagai tujuan akhir tidaklah terlalu tepat.

Saat mendapatkan sertifikat itu artinya perusahaan memasuki langkah pertama ke era sistem manajemen mutu standar internasional. 

Perusahaan yang menerapkan standar ISO akan melakukan perjalanan yang panjang dan tak berujung, karena konsepsi mutu bukanlah kesempurnaan, melainkan perbaikan terus menerus. Tuntutan pasar dan persepsi pelanggan yang berubah-ubah dan tidak statis mengakibatkan ISO 9001 harus mengikuti dinamika pasar dan persepsi pelanggan.

Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001"

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline