Lihat ke Halaman Asli

JURNAL REFLEKSI MODEL 4 F PEMIMPIN DALAM MENGELOLA SUMBER DAYA

Diperbarui: 18 Mei 2023   18:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan merupakan salah satu tugas yang harus dibuat oleh calon guru penggerak pada pendidikan guru penggerak. Jurnal refleksi dwi mingguan adalah sebuah tulisan tentang refleksi diri setelah mengikuti sebuah pelatihan (upgrading skill) yang ditulis secara rutin setiap dua mingguan yang wajib harus dilakukan oleh calon guru penggerak (CGP).

Pada bagian ini, sebagai calon guru penggerak saya akan merefleksikan seluruh rangkaian kegiatan selama mempelajari modul 3.2. yaitu tentang Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya, dengan model refleksi 4 F (Fact, Feeling, Findings, Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway).

Fact (Peristiwa)

Setelah saya melewati modul 3.1 tentang Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin. Saya melanjutkan mengikuti pembelajaran modul 3.2 tentang Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya melalui LMS Pendidikan Guru Penggerak mulai dari diri dan eksplorasi konsep yang dilakukan secara mandiri tanggal 2 Mei 2023. Kegiatan ruang kolaborasi yang dipandu oleh Bapak Rahmat Hidayat selaku fasilitator kami mengikuti google meet pada tanggal 4 Mei 2023 pada pukul 16.00-18.30. Pada kegiatan ruang kolaborasi tersebut, saya mendapatkan pengetahuan bahwa pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya merupakan pemanfaatan pada asset-aset sekolah yang dimiliki dan dikelola dengan baik oleh seorang pemimpin pembelajaran sebagai sebuat kekuatan/potensi sekolah sesuai kodrat alam dan kodrat zaman. Pendekatan berbasis aset/kekuatan (Asset-Based Thingking) adalah sebuah konsep yang dikembangkan oleh Dr. Kathryn Cramer, Dala pendekatan ini, menggunakan kekuatan sebagai tumpuan berpikir, kita diajak untuk memusatkan perhatian pada apa yang bekerja, yang menjadi inspirasi, yang menjadi kekuatan atau potensi yang positif.

Selanjutnya pada tanggal 5 Mei , pukul 16.00-18.30 saya mengikuti kegiatan ruang kolaborasi kami dibagi kelompok untuk mendiskusikan tentang mengidentifikasi asset/modal yang ada di daerah dan strategi pemanfaatannya. Dari tugas diskusi ruang kolaborasi tersebut kelompok kami yaitu kelompok C diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi ruang kolaborasi.  Selanjutnya saya mengikuti kegiatan elaborasi pemahaman/koneksi antar materi melalui google meet pada tanggal 10 Mei 2023 pukul 15.30-17.00 dengan instruktur Ajisarni Lz. Pada kegiatan elaborasi pemahaman sebagai penguatan untuk modul 3.2. Disini saya mendapatkan penguatan bagaimana dalam pengelolaan sumber daya ada 2 pendekatan yang dapat digunakan yaitu Pendekatan Berbasis Kekurangan/Masalah (Deficit Based Thingking) dan Pendekatan Berbasis Aset/Kekuatan (Asset Based Thingking).

Feeling (Perasaan)

Perasaan saya selama dua minggu mempelajari modul 3.2 tentang Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya, saya sangat merasa senang dan sangat termotivasi untuk tetap semangat dalam kegiatan pendidikan guru penggerak dan menjalankan rencana. Saya semakin bersemangat dalam Mengidentifikasi pemanfaatan pada asset-aset sekolah yang dimiliki dan dikelola dengan baik oleh seorang pemimpin pembelajaran sebagai sebuat kekuatan/potensi sekolah sesuai kodrat alam dan kodrat zaman. Pendekatan berbasis aset/kekuatan (Asset-Based Thingking) adalah sebuah konsep yang dikembangkan oleh Dr. Kathryn Cramer, Dala pendekatan ini, menggunakan kekuatan sebagai tumpuan berpikir, kita diajak untuk memusatkan perhatian pada apa yang bekerja, yang menjadi inspirasi, yang menjadi kekuatan atau potensi yang positif.

 

Findings (Pembelajaran)

Setelah mendapatkan pembelajaran modul 3.2   tentang dalam pengelolaan sumber daya merupakan pemanfaatan pada asset-aset sekolah yang dimiliki dan dikelola dengan baik oleh seorang pemimpin pembelajaran sebagai sebuat kekuatan/potensi sekolah sesuai kodrat alam dan kodrat zaman. Pendekatan berbasis aset/kekuatan (Asset-Based Thingking) adalah sebuah konsep yang dikembangkan oleh Dr. Kathryn Cramer, Dala pendekatan ini, menggunakan kekuatan sebagai tumpuan berpikir, kita diajak untuk memusatkan perhatian pada apa yang bekerja, yang menjadi inspirasi, yang menjadi kekuatan atau potensi yang positif.

Future (Penerapan)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline