Lihat ke Halaman Asli

Dosen FST UNJA Bantu Pemasaran Produk UKM Paguyuban PUJAKESUMA DPC Kota Baru

Diperbarui: 20 Oktober 2023   03:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 sumber gambar: Yolla Noverina.dok

Kelompok UKM Paguyuban PUJAKESUMA DPC Kota Baru adalah kelompok paguyuban Putra Jawa Kelahiran Sumatera (PUJAKESUMA) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota Baru beranggotakan kelompok masyarakat yang memiliki usaha kecil dan menengah (UKM).

Kelompok UKM ini memasarkan produk makanan seperti donut, pempek dan keripik. Selain itu terdapat produk lain seperti usaha kelontongan serta pakaian. Selama ini proses pemasaran UKM Paguyuban terkhusus pada UKM Aneka Kreasi wilayah kelurahan kenali asam, masih dilakukan secara konvensional yaitu informasi dari mulut ke mulut, tetangga sekitar dan orang yang dikenal.

UKM Aneka Kreasi belum memiliki media sosial sebagai sarana media promosi produk, sehingga Brand Image pada  pada UKM tersebut belum begitu popular di mata konsumen. Selain itu UKM juga belum memiliki pemahaman dan keterampilan dalam hal pemasaran melalui digital marketing.

Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media seperti blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media sosial lainnya. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat, sehingga dapat memperluas pangsa pasar.

Dalam hal ini, Tim PPM Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi yang diketuai oleh Ibu Rizqa Raaiqa Bintana, S.T., M.Kom beserta tim yakni Ibu Cut Multahadah, S.Pd.,M.Pd., Ibu Gusmanely. Z, S.Pd.,M.Si dan Ibu Yolla Noverina, S.Kom.,M.Kom beserta mahasiswa UNJA membantu UKM Aneka Kreasi dalam melakukan pemasaran secara digital melalui pembuatan website dan packing produk, sehingga membuat jangkauan pemasaran produk menjadi lebih luas.

Tim PPM Fakultas Sains dan Teknologi UNJA membuatkan sebuah website sebagai sarana media promosi bagi UKM Aneka Kreasi untuk meningkatkan brand image, Tim PPM FST UNJA juga memperbaiki label dan kemasan produk agar memiliki kesan yang lebih eksklusif. Selain itu,  juga akan dilakukan pelatihan kepada UKM dalam pengelolaan dan pemanfaatan website sebagai media promosi produk.

Semoga dengan adanya digital marketing sebagai media promosi bisa membuat produk UKM Aneka Kreasi Kelurahan Kenali Asam yang termasuk ke dalam kelompok UKM Paguyuban PUJAKESUMA DPC Kota Baru dapat lebih dikenal masyarakat luas, ucap Ibu cut multahadah, S.Pd.,M.Pd.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline