Lihat ke Halaman Asli

Cloud Computing

Diperbarui: 24 Juni 2015   16:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dalam sebuah industri IT khususnya bagi perusahaan yang bergerak dalam content management yang melayani customer dalam bentuk Software as a service (SAAS) maka pilihan teknologi terbaru dalam mengelola infrastruktur yang paling tepat dan handal adalah cloud-computing.

cloud-computing adalah teknologi baru yang mampu membangun infrastruktur sistem, aplikasi, bahkan jaringan secara "maya". Dikatakan maya karena perusahaan tidak perlu lagi mengadakan server fisik yang harganya mahal. Dalam membangun infrastruktur jaringan yang handal, selain perlu server yang handal, keamanan dari disaster, cara recovery, topologi jaringan yang tepat, ruang server yang "nyaman" juga harus diperhatikan.

WOW, akan sangat banyak sekali yang harus dipersiapkan. Tetapi jika Anda beralih untuk mencoba menggunakan cloud-computing maka hal-hal tersebut di atas praktis bisa Anda coret. Anda hanya perlu koneksi cepat dan aman untuk me-remote server-server Anda di cloud.

Di Indonesia telah banyak perusahaan hosting yang menyediakan pula jasa cloud-computing ini.Silahkan browsing di google. Salah satu yang terkenal adalah Windows Azure.

Gambar di atas adalah salah satu fitur dari cloud computing untuk men-setup server yang ingin kita bangun. Pilihan Sistem Operasinya bisa Linux (debian/RHEL) maupun Windows. Properties lain seperti kapasitas RAM, CPU cores, dan storage HD dapat diset sesuai dengan jumlah yang kita order.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline