Lihat ke Halaman Asli

iPortFolio Concept : perlukah financial planner ... ??

Diperbarui: 24 Juni 2015   16:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Setiap hari kita akan selalu membuat keputusan. Sejak kita memasang alarm pada HP kita, jam berapa kita harus bangun, ke kampus menggunakan kendaraan apa, makan siang dengan menu apa, hingga membeli pulsa dengan nominal berapa. Belum lagi keinginan untuk membeli gadget android terbaru atau sekedar ingin upgrade netbook Anda ke ultrabook :D

Semua keputusan tersebut terlihat sepele memang. Namun jika Anda tidak cermat dalam mengelola pengeluaran Anda, tentunya Anda tidak inginkan 10 hari terakhir dalam 1 bulan, Anda makan mie instan terus menerus :D

Pernah dengar pertanyaan ini, "uang saya hanya 5 juta, enaknya usaha apa ya" atau yang seperti ini "alhamdulillah saya dapat rejeki 30juta, mau diinvestasikan kemana ya biar dana ini produktif".

Sayangnya, ketika membuat keputusan hanya sedikit orang yang memperhatikan bagaimana cara agar menghasilkan keputusan yang tepat. Dan hanya sebagian yang sadar bahwa apa yang dilakukan hari ini akan sangat berpengaruh terhadap kondisi mereka di masa depan. Dari kacamata keuangan, membuat rencana akan masa depan, termasuk di dalamnya strategi dalam mengelola uang. Mulai dari mendapatkan, menggunakan, menginvestasikan, mensedekahkan, sampai mewariskan, disebut dengan perencaan keuangan atau bahasa kerennya financial planning.

Bagi orang yang cukup kaya mungkin bisa menyewa seorang financial planner tapi wow banget tuh harganya. Lantas bagaimana dengan kita yang biasa-biasa saja kondisi keuangannya namun tetap ingin merencanakan sebuah rencana keuangan yang tepat. OK, iPortfolio System lah jawabannya.

Sistem ini mampu membantu Anda merencanakan keuangan Anda. Dengan "recommender system", kita akan ditawarkan program-program investasi yang tepat berdasarkan hasil financial checkup kita masing-masing.

Dan yang terpenting, Anda dapat menggunakannya secara gratis. Wow banget, tentunya .. :D




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline