Lihat ke Halaman Asli

Dewi Muliyati

dmuliyati.com

Implementasi Project Based Learning, Fisika UNJ bersama Lingga Digital Selenggarakan Webinar & Workshop Coding - PyPro 2021

Diperbarui: 12 Desember 2021   09:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.pri

Project-Based Learning menjadi model pembelajaran unggulan di Perguruan Tinggi karena luaran hasil pembelajaran berupa produk. Project yang dikerjakan adalah project real yang terkait dengan dunia usaha dan dunia industri, harapannya tentu mahasiswa dapat dengan cepat beradaptasi terhadap produk yang ada di masyarakat.

Sebagai program studi yang menerapkan model pembelajaran berbasis project, Program Studi Fisika FMIPA UNJ menggandeng mitra stratup digital, PT Lingga Wyakta Digital, untuk menyelenggarakan Webinar & Workshop Coding dengan nama PyPro 2021 pada Sabtu, 11 Desember 2021. PyPro 2021 terdiri dari 9 sesi webinar tentang python project berupa game application dan 2 sesi python project tentang simulasi fisika. Materi dalam seluruh sesi berfokus pada pemanfaatan salah satu library python, PyGame.

PyPro 2021 - 11 Desember 2021, mulai pembukaan pukul 8 pagi sampai dengan pukul 6 sore, dengan antusiasme peserta yang sangat luar biasa. Pada sesi pagi, hadir sekitar 120 participant di ruang virtual dan total semua sesi mencapai 550 participant. Narasumber yang dihadirkan dalam 11 sesi adalah mahasiswa Fisika FMIPA UNJ yang telah berhasil membuat produk dari project mata kuliah Praktikum Pemrograman Komputer.

Sebaran peserta sangat beragam, bahkan beberapa masyarakat umum ikut berpartisipasi dalam PyPro 2021. Adapun sebaran peserta mencapai 65 institusi, sebagai berikut: Universitas Negeri Jakarta-(mahasiswa dan alumni, program studi Fisika dan Pendidikan Fisika), Akademi Televisi Indonesia, Institut Bisnis Nusantara, Asia Pasific University, IAIN KEDIRI, Institut Teknologi Sumatera, Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, IPB University, LSPR Jakarta, MAN 2 Pandeglang, MAN 3 Tangerang, PNJ, Politeknik Pertanian Negeri, Politeknik AKA Bogor, Politeknik Negeri Medan, Poltekkes Kemenkes Semarang, Samudra Indonesia, SMAN 93 Jakarta, SMAN 107 Jakarta, SMAN 21 Kota Bekasi, SMA Yasporbi, SMK 5 Kabupaten Tangerang, SMK Caraka Nusantara, SMK 2 Jakarta Timur, SMPN 63 Jakarta, STIH IBLAM, STIKes Kepanjen, STMIK Sinar Nusantara Surakarta, UBSI, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UNEJ, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Al-Azhar Indonesia, Universitas Bakrie, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Universitas Bina Sarana Informatika, Universitas Brawijaya, Universitas Budi Luhur, Universitas Darma Persada, Universitas Diponegoro, Universitas DJUANDA Bogor, Universitas Esa Unggul, Universitas Gunadarma, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Universitas Indonesia, Universitas Islam 45 Bekasi, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Mulawarman, Universitas Negeri Semarang, Universitas Padjadjaran, Universitas Pamulang, Universitas Pasundan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pertamina, Universitas Siliwangi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Teknologi Yogyakarta, Universitas Terbuka, Universitas Trilogi, Universitas Trisakti, dan UNSIKA.

"Konsep dalam implementasi project based learning pada mata kuliah praktikum pemrograman komputer ini adalah produk yang dekat dengan masyarakat, kemudian produk yang dihasilkan juga ditunjukkan ke masyarakat luas, melalui webinar ini," Dewi Muliyati, Dosen Pengampu mata kuliah Praktikum Pemrograman Komputer di Program Studi Fisika UNJ. Pemilihan produk game application sudah sangat sesuai dengan tren pengembangan e-sport saat ini.

Pembukaan PyPro 2021 oleh Dr. Widyaningrum Indrasari, Koordinator Program Studi Fisika FMIPA UNJ

"Persentase project dalam penilaian kelulusan mencapai 55%, sehingga kita tharapkan bobot yang besar ini memotivasi mahasiswa mengukirkan karya terbaiknya. Melalui penyelenggaraan webinar, mahasiswa belajar untuk menyampaikan value karya dan produk sekaligus mendapat berbagai masukan langsung tidak hanya dari dosen pengampu, melainkan dari peserta webinar yang beragam. Program Studi Fisika sangat berterimakasih kepada mitra penyelenggara dalam hal ini PT Lingga Wyakta Digital atas dukungan dalam implementasi project based learning ini. Ke depan, semoga Program Studi Fisika dapat menggandeng lebih banyak mitra untuk terlibat langsung dalam implementasi perkuliahan," sambutan yang disampaikan oleh Dr. Widyaningrum Indrasari, selaku koordinator Program Studi Fisika FMIPA UNJ.

PyPro 2021 merupakan webinar & workshop coding pertama yang penyelenggaraannya diinisiasi dari pelaksanaan perkuliahan program studi Fisika FMIPA UNJ. Melihat kesuksesan penyelenggaraannya di tahun ini, PyPro direncanakan berlanjut di tahun depan, tentu dengan project yang lebih seru. Sampai jumpa di PyPro 2022!

Python Project pada PyPro 2021




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline