Lihat ke Halaman Asli

Mulia Rahman

Seorang yang tinggal di Banyuwangi

Sejarah Baru Dunia Pelayaran! Kapal Kargo Bertenaga Angin Siap Berlayar Bulan Ini

Diperbarui: 22 Agustus 2023   22:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pyxis Ocean, sc: www.offshore-energy.biz

Pyxis Ocean, nama kapal kargo bertenaga angin, akan memulai pelayaran pertamanya bulan ini. Jika umumnya kapal besar seperti kapal kargo, menggunakan generator berbahan bakar fosil, maka Pyxis Ocean akan menggunakan sumber daya ramah lingkungan untuk mencukupi kebutuhan listriknya. Kapal ini memanfaatkan tenaga angin, yaitu dengan menggunakan wind-turbine. Ukuran wind-turbinenya pun sangat besar. Itu terletak di atas geladak kapal

Sayap yang berfungsi untuk menangkap energi angin terbuat dari baja itu, masing-masing memiliki ketinggian 37,5 meter. Sayap tersebut dirancang oleh perusahaan asal Inggris bernama BAR Technologies dan diproduksi oleh perusahaan industri kapal dari Norwegia bernama YARA Marine Technologies.

Dengan pemanfaatan energi angin diharapkan mampu menghemat nilai emisi hingga 30%. Bahkan penghematan yang dihasilkan akan lebih besar lagi, jika penggunaannya dikombinasikan dengan penggunaan bahan bakar alternatif.

Kapal tersebut disewa oleh perusahaan pelayaran Amerika Serikat, Cargill. Dan pelayaran perdananya akan dimulai dari China dengan tujuan akhir Brazil.

Kenapa menggunakan angin sebagai sumber energinya?

Industri pelayaran menghasilkan lebih dari satu miliar ton Karbon Dioksida (CO2) setiap tahunnya, itu turut menyumbang hampir 3% emisi karbon di dunia yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Pada bulan Juli 2023, industri pelayaran disebut berkomitmen untuk mengurangi polusi menjadi nol di tahun 2050. Pemanfaatan angin adalah salah satu cara untuk mencapai nol polusi tersebut. Meskipun ini bukan hal yang baru (kapal layar sudah ada sejak lebih dari 5.000 tahun yang lalu), teknologi baru dalam propulsi bertenaga angin telah muncul dalam beberapa tahun terakhir.

Penggunaan teknologi layang-layang dan rotor raksasa telah dicoba pada kapal kargo dalam upaya mengurangi ketergantungan mereka pada bahan bakar diesel. Namun menurut asosiasi International Windship Association, hanya ada sekitar 20 kapal komersial besar yang dilengkapi penggerak tenaga angin yang beroperasi saat ini.

Foto wind-turbine, sc: www.offshore-energy.biz 

Turut sertanya Cargill, yang merupakan salah satu perusahaan bidang pertanian terbesar di dunia, akan memiliki pengaruh yang cukup besar. John Cooper, CEO dari BAR Technologies, mengatakan kepada CNN bahwa keterlibatan perusahaan tersebut sangat penting dalam membangun momentum bagi WindWings (red: sebuah proyek dalam pemanfaatan energi angin). “Mereka memimpin, dan orang lain memperhatikan apa yang mereka lakukan dengan penuh rasa hormat,” katanya.

Ini Adalah Peningkatan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline