Lihat ke Halaman Asli

Pemanfaatan Blog sebagai Ajang Kreativitas dan Berbagi Ilmu bagi Siswa

Diperbarui: 25 Juni 2015   21:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13262539281222815742

Perkembangan teknologi informasi komunikasi (TIK) sekarang ini sudah canggih seiring dengan berjalannya waktu. Pemanfaatan TIK sebagai informasi memang dinilai sangat membantu banyak orang. Selain mudah dalam mengakses informasi, TIK juga membuat kita cepat untuk mendapatkan informasi.

Salah satu produk dari perkembangan TIK adalah blog. Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (http://id.wikipedia.org/wiki/Blog)

Istilah ngeblog/blogging memang sudah menjadi tren lama di Indonesia. Masyarakat umum menilai dengan adanya blog mereka sangat terbantu untuk mendapatkan informasi, seperti informasi mengenai kesehatan, pendidikan, agama,riset dll, bahkan masyarakat luas sekarang telah memanfaatkan blog untuk promosi dan berbisnis secara online.

Berkaca dari hal tersebut, pemanfaatan media blog memang menuai banyak manfaat, tak terkecuali bagi para siswa yang sudah terbiasa menggunakan layanan internet. Dengan kehadiran blog mereka (siswa) sangat terbantu baik dalam mencari sumber referensi, maupun hanya sekadar copy paste PR/tugas yang diberikan oleh guru. Di sinilah letak jeleknya pemanfaatan internet (blog) bagi sebagian pengguna.

Untuk mengubah budaya yang seperti itu serta menumbuhkan budaya tulis bagi siswa, kiranya diperlukan sebuah upaya solutif. Gagasan yang saya tawarkan adalah siswa membuat blog pribadi. Dengan adanya blog pribadi siswa, ada beberapa hal positif yang dapat diambil antara lain. Pertama, siswa dapat menumpahkan seluruh kreativitas mereka ke dalam bentuk tulisan yang bisa bermanfaat dan berbagi ilmu kepada khalayak. Kedua, blog sangat membantu siswa sebagai tempat untuk latihan menulis agar tulisan tersebut dapat terpublikasikan dengan mudah. Ketiga, guru dapat memberikan tugas melalui internet, sehingga siswa dapat mengirimkan PR/tugas pekerjaan mereka melalui blog ke guru, sehingga meminimalkan penggunaan kertas (paperless). Keempat, ketika siswa telah terbiasa dengan membuka dan memanfaatkan blog masing-masing guna mendukung aktivitas keseharian, tergeserlah kebiasaan membuka situs jejaring sosial yang tidak terlalu penting bagi mereka.

Memang blog merupakan barang lama, bukan sesuatu yang baru lagi. Namun penggunaan blog sebagai tempat untuk berkreativitas dan latihan menulis bagi siswa dirasa cukup efektif dan efisien. Selain mudah dalam pembuatan, blog juga dapat diakses dimanapun siswa berada selama masih terjangkau fasilitas internet. Semoga dengan pemanfaatan blog, para siswa dapat berkreativitas dalam menulis sehingga mereka dapat berbagi ilmu kepada masyarakat luas. [MAS]

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline