Lihat ke Halaman Asli

Mukmin

Jurnalis

Thailand dan Vietnam Lebih Siap Hadapi Piala AFF U-23 Ketimbang Indonesia dan Malaysia, Mengapa?

Diperbarui: 11 Agustus 2023   10:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nym.

Persiapan menjelang Piala AFF U-23 2023, Timnas Malaysia menghadapi kendala serius yang berbeda dengan Timnas Thailand dan Vietnam. Timnas Indonesia U-23 juga tengah dalam tahap persiapan serupa dan mengalami masalah yang sama seperti Malaysia

Timnas Indonesia memulai pemusatan latihan pada Kamis (10/4) dengan memanggil 23 pemain yang dipilih oleh pelatih Shin Tae Yong. Sayangnya, tidak semua pemain dapat langsung mengikuti pemusatan latihan ini.

Beberapa klub, seperti PSM Makassar dan Persija, masih menahan beberapa pemainnya. Selain itu, Alfeandra Dewangga dan Adi Satryo dari PSIS Semarang juga belum dapat bergabung karena alasan tertentu.

Kendala serupa juga dialami oleh Timnas Malaysia. Sebagaimana dilaporkan oleh Berita Harian, Malaysia menghadapi kesulitan dalam memanggil para pemain muda terbaiknya karena beberapa klub melarang para pemain bergabung demi menjaga kelancaran kompetisi klub.

Akibatnya, pemain-pemain berbakat seperti Luqman Hakim Shamsudin, Nooa Laine, dan Arif Aiman Hanapi tidak dapat bergabung dalam pemusatan latihan ini. Tidak hanya itu, tidak semua pemain yang telah dipanggil dapat langsung bergabung sehingga menghambat proses persiapan tim.

Sementara itu, Timnas Thailand tidak menemui kendala apapun dalam mempersiapkan skuadnya. Pelatih Issara Sritaro dapat memilih para pemain yang diinginkannya tanpa hambatan berarti. Dalam rangka persiapan Piala AFF U-23 2023, Issara hanya memanggil 18 pemain.

Pemusatan latihan Thailand telah berjalan di Pattana Sports Club Training Center, Chonburi. Tidak hanya itu, Issara juga telah menunjuk Songchai Thongcham sebagai kapten tim sebagai pertanda kesiapannya menghadapi kompetisi ini.

Sementara itu, Vietnam terlihat sebagai tim yang paling siap menghadapi Piala AFF U-23 2023. Mereka telah memulai latihan sejak bulan Juli yang lalu. Persiapan ini dipimpin langsung oleh Philippe Troussier untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Namun, pada tanggal 8 Agustus, pelatihan ini beralih kendali kepada Hoang Anh Tuan, mantan pelatih Timnas Vietnam U-17. Ia akan menggantikan Troussier dalam persiapan Piala AFF U-23 2023. Meski demikian, skuad timnas tetap tidak mengalami perubahan.

Pemusatan Thailand dan Vietnam melaksanakan latihan dalam jangka waktu yang cukup panjang ini bisa dilakukan dikarenakan kompetisi tertinggi mereka belum dimulai. Klub-klub di kedua negara tersebut dapat melepas para pemain dengan lebih nyaman untuk mengikuti pemusatan latihan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline