Lihat ke Halaman Asli

Mukmin

Jurnalis

Cara agar Blog Cepat Terindex Google

Diperbarui: 20 Desember 2022   23:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tampilan utama Google. Foto: Google.com

Blog yang usianya terbilang baru mungkin sangat sulit memiliki trafik tinggi. Blog bisa bertrafik tinggi tentu dikarenakan blog tersebut banyak dikunjungi orang secara natural melalui search engine Google.

Agar blog anda dapat ditemukan orang melalui penelusuran mesin pencari maka alamat blog harus didaftarkan ke Google seperti webmaster dan fasilitas lainnya.

Namun cara di atas termasuk salah satu dari sekian banyak cara agar blog anda cepat diindex di Google.

Pada artikel ini akan dibagikan tips tentang mengoptimasi blog agar dapat dengan cepat diindex oleh mesin pencari Google.

Mengapa harus search engine Google?. Karena saat ini mesin pencari Google banyak dipakai untuk menjelajahi internet. Ok langsung saja anda ikuti cara-caranya sebagai berikut :

1. Posting Artikel Asli
Menulis artikel asli di blog sangat diharuskan. Artinya anda jangan sekali-kali melakukan copy paste artikel lalu diposting di blog anda. Cara ini tentu tidak diminati mesin pencari Google sehingga akan dijauhkan dari para pengunjung. Yang lebih parahnya lagi blog anda tidak akan bertahan lama akan segera dibanned oleh Google karena dianggap blog sampah. Mulailah dan belajarlah membuat postingan artikel asli tulisan anda sendiri.

2. Atur Link Blog
Atur sedemikian rupa link blog anda jangan sampai ada yang error. Karena hal ini membawa dampak semakin dijauhi robot Google untuk diindex. Perbaiki jika ada link blog anda yang error. Begitu juga dalam membuat link jangan terlalu banyak link yang mengakibatkan robot Google bingung sehingga akan diabaikan begitu saja.

3. Submit Url Blog
Cara ini agar url artikel blog anda mudah dirayapi mesin pencari Google. Dengan seperti itu maka mesin pencari akan mengarahkan pengunjung ke blog anda sesuai kata kunci yang mereka cari.

4. Posting Artikel Secara Rutin
Cara ini yang paling penting. Ada istilah konten artikel adalah raja sedangkan ratunya link. Artinya blog tanpa dioptimasi seo sekalipun tetap akan mudah terindex Google apabila blog tersebut sering melakukan posting artikel secara terus menerus. Postinglah artikel setiap hari walaupun hanya 1 artikel saja, yang penting rutin setiap hari.

5. Backlink dan Blogwalking
Lakukan blogwalking dan tinggalkan komentar di blog lain, terutama diblog-blog yang memiliki rating tinggi. Setiap robot Google mengindex blog berating tinggi maka blog anda juga akan ikut serta terindex. Gambaran mudahnya, apabila anda selaku rakyat jelata, lalu bergaul dengan presiden maka nama anda akan naik dan terkenal.

Itulah 5 cara yang bisa anda coba terkait index Google terhadap blog anda. Jangan berhenti belajar dan mencoba.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline