Lihat ke Halaman Asli

Ibra Alfaroug

TERVERIFIKASI

Dikenal Sebagai Negara Agraris, Namun Dunia Tani Kita Masih Saja Ironis

Tes PNS, Masihkah Harapan Kuliah Mesti Jadi PNS

Diperbarui: 25 November 2019   12:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

merdeka.com

Hiruk pikuk suasana pendaftaran CPNS 2019, yang telah dimulai beberapa hari kemarin disertai 'tetek bengek' administrasi yang mesti dilengkapi partisipan dalam bursa kompetisi menjadi pegawai sipil negara. Membuat ramai di berbagai media sosial, yang menginformasikan berbagai peluang/formasi di setiap kementrian dilengkapi prasyarat yang menyertainya.

Dengan respon yang bermacam-macam dari pendaftar yang akan ikut serta meramaikan bursa CPNS tanah air. Respon gembira karena kuota yang cukup banyak, sehingga partisipan memiliki harapan. Bahkan respon kecewa pun tak luput dari pendaftar, karena kuota yang dibuka tidak sesuai dengan kualifikasi ijazah yang dimiliki. Ada formasi tapi jauh, ada di daerah lain yang membuka formasi yang sesuai.

Tak jarang syaratnya pun di setiap daerah mempunyai kriteria-kriteria yang berbeda. Misalnya, harus ada KTP domisili, terakreditasi minimal B, legalisir harus yang terbaru yang mesti ditandatangani pejabat tertentu.

'kok diribet-ribetkan' kan kita warga Indonesia. 

Fenomena-fenomena ini seringkali menjadi tanggapan miring dalam pendaftaran yang acapkali menjadi sandungan atau permasalahan para pendaftar CPNS. Aturan yang dirasakan merugikan pendaftar terkesan ada diskriminasi melalui prosedur/ketentuan administrasi.

Disisi lain soal tes pun tak jarang dirasakan merugikan, dengan sistem aplikasi CAT yang diberlakukan tahun 2018 kemarin.  Permasalahan soal tes yang tidak berhubungan dengan kualifikasi keilmuan yang tertera pada ijazah terakhir. Dan cendrung diuntungkan jurusan-jurusan tertentu.

Secara online, mungkin pendaftaran tidak akan jadi permasalahan, namun di waktu pemberkasan, prasyarat dari pusat akan berbeda ketika di BKD daerah. Prasyarat tambahan membuat beberapa pendaftar dirasa dirugikan.

Tapi, dalam hal ada beberapa prihal menarik seputar CPNS yang masih menjadi primadona bagi para sarjana saat ini, dan mesti menjadi kajian yang menarik untuk pemerintah. Apabila dihubungkan tentang dunia kerja.

Benarkah Harapan Kuliah Mesti Menjadi PNS

Apabila dibandingkan di daerah perkotaan, PNS kemungkinan besar tidak selalu menjadi Primadona. Namun di daerah-daerah tertentu, termasuk di daerah penulis PNS masih menjadi keinginan utama bagi para mahasiswa.

Pada waktu yang lalu, dengan pertanyaan lisan, sebagai instrumen dalam mengumpulkan informasi, pada waktu yang lalu, ada perbincangan yang hangat kepada beberapa mahasiswa yang berhubungan dengan tujuan mereka untuk kuliah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline