Lihat ke Halaman Asli

Indonesia Vs Australia: Garuda Tahan Imbang Socceroos

Diperbarui: 10 September 2024   21:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia Vs Australia: Garuda Tahan Imbang Socceroos. Foto: Antara

Pada pertandingan babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/9) malam, Timnas Indonesia bermain imbang tanpa gol melawan Australia.

Sejak awal pertandingan, Tim Merah Putih langsung menekan lawan. Serangan yang dibangun dari sisi kanan lapangan diselesaikan oleh Sandy Walsh melalui tembakan yang mengarah ke gawang Australia. Matthew Ryan, kiper Australia, berhasil memblokir bola tersebut. Upaya lanjutan dilakukan oleh Rafael Struick, namun Ryan kembali mampu menepisnya.

Setelah tekanan yang dilancarkan Indonesia pada menit-menit awal, Australia mulai mencoba mengendalikan tempo permainan untuk keluar dari tekanan. Memasuki sepertiga awal babak pertama, anak asuh Graham Arnold mulai mendominasi penguasaan bola, memaksa Timnas Indonesia untuk lebih bertahan.

Pada menit ke-20, Australia memperoleh peluang pertama melalui tembakan Harry Soutar, namun kiper Indonesia, Maarten Paes, tampil cemerlang dengan menggagalkan peluang tersebut. Dua menit kemudian, Paes kembali melakukan penyelamatan atas sundulan Soutar yang berawal dari situasi tendangan penjuru.

Selain tekanan dari Australia, beberapa kesalahan umpan dari lini belakang Indonesia sempat menciptakan situasi berbahaya yang dimanfaatkan lawan. Pada menit ke-33, Nestory Irankunda hampir mencetak gol setelah sepakannya mengenai tiang gawang kiri Indonesia. Bola pantulan sempat mengenai Paes, namun laju bola berhasil dihentikan dan dibuang keluar area pertahanan.

Tak lama kemudian, Craig Goodwin juga mendapatkan peluang dari sisi kiri lapangan. Ia berhasil menembus kotak penalti dan melepaskan tembakan, tetapi lagi-lagi Paes menunjukkan kualitasnya dengan melakukan penyelamatan gemilang.

Memasuki babak kedua, setelah skor imbang 0-0 di babak pertama, pelatih Shin Tae Yong melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Witan Sulaeman menggantikan Rafael Struick. Kehadiran Witan memberikan dampak positif pada permainan Indonesia yang menjadi lebih tajam di awal babak kedua, meski Australia tetap menekan dengan agresif.

Sebuah peluang bagi Indonesia tercipta saat Ragnar Oratmangoen berhasil membaca backpass pemain Australia, namun tembakannya masih mampu diblok oleh Harry Soutar. Marselino Ferdinan juga memperoleh kesempatan mencetak gol, namun tendangannya pada menit ke-57 meleset jauh di atas gawang.

Pada menit berikutnya, Justin Hubner melakukan pelanggaran terhadap Irankunda, sehingga menghasilkan tendangan bebas untuk Australia. Craig Goodwin yang menjadi eksekutor, namun Maarten Paes mampu menangkap bola dengan baik.

Paes kembali menjadi pahlawan pada menit ke-67 dengan menggagalkan peluang emas dari Adam Taggart, pemain pengganti Australia, yang baru masuk ke lapangan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline