Lihat ke Halaman Asli

Catatan Kurang Baik Kala Timnas Indonesia Jumpa Arab Saudi, Tapi Gawang si Elang Hijau Pernah 6 Kali Kebobolan

Diperbarui: 4 September 2024   14:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Timnas Arab Saudi. Foto: ODD ANDERSEN/AFP .

Timnas Indonesia telah bertemu dengan Timnas Arab Saudi dalam puluhan pertandingan. Namun, skuad Garuda baru berhasil membobol gawang Green Falcons pada beberapa kesempatan.

Pertandingan antara Arab Saudi vs Indonesia dalam babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan digelar di King Abdullah Sports Stadium pada Jumat, 6 September 2024, pukul 01.00 WIB.

Menurut catatan RSSSF, Indonesia telah berhadapan dengan Arab Saudi sebanyak 14 kali. Hasilnya, tim Merah-Putih belum pernah mencatatkan kemenangan, hanya tiga kali meraih hasil imbang, dan 11 kali mengalami kekalahan.

Indonesia telah berhasil membobol gawang Arab Saudi sebanyak enam kali dalam semua ajang. Pada pertemuan pertama yang berlangsung pada tahun 1983 di Merlion Cup, Indonesia berhasil mencatatkan skor imbang 1-1 melawan Arab Saudi.

Pada laga persahabatan tahun 1996, Indonesia kembali mencetak gol ke gawang Arab Saudi, meskipun pada akhirnya kalah dengan skor 1-4. Di tahun 1997, Indonesia kembali bermain imbang 1-1 melawan Arab Saudi dalam laga persahabatan, sebelum mengalami kekalahan 1-3 di Kualifikasi Piala Dunia 2006.

Gol terakhir yang dicetak oleh Indonesia ke gawang Arab Saudi terjadi pada Piala Asia 2007 dan Kualifikasi Piala Asia 2015. Pada Piala Asia 2007, Elie Aiboy menjadi pencetak gol untuk Indonesia.

Pembobol terakhir Indonesia ke gawang Si Elang Hijau adalah Boaz Solossa. Pada 23 Maret 2013, di Stadion Gelora Bung Karno, Boaz mencetak gol pembuka pada menit kelima. Namun, Arab Saudi kemudian membalas dengan dua gol dari Yousef Al-Salem.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline