Lihat ke Halaman Asli

Maarten Paes Bisa Lakoni Debutnya Saat Timnas Indonesia Melawan Australia

Diperbarui: 29 Agustus 2024   20:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Maarten Paes Bisa Lakoni Debutnya Saat Timnas Indonesia Melawan Australia. Foto: Reuters

Maarten Paes kini resmi masuk dalam daftar skuad Timnas Indonesia untuk Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kiper FC Dallas ini tak sabar untuk segera menunjukkan kemampuannya di level internasional bersama Garuda.

Paes masuk dalam skuad Garuda yang berjumlah 26 pemain. Pemanggilan ini menjadi yang pertama bagi Paes setelah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 30 April lalu.

"Saya sangat bersemangat untuk bermain di level internasional bersama Indonesia. Saya merasa sangat gembira dan tidak sabar untuk menunjukkan kualitas saya bersama tim ini," ujar Paes, dikutip dari laman resmi FC Dallas.

Sebelumnya, Maarten Paes sempat terkendala statuta FIFA edisi 2022, pasal 9 ayat 2 poin C, yang mengatur tentang perpindahan asosiasi. Pasalnya, ia pernah bermain untuk Timnas Belanda U-21 pada 15 November 2020 saat usianya telah mencapai 22 tahun.

Menurut catatan Soccerway, penampilan terakhir Paes bersama Timnas Belanda terjadi pada 15 November 2020, saat ia memperkuat Belanda U-21 dalam pertandingan melawan Belarus di ajang Kualifikasi Piala Eropa U-21 2021.

PSSI kemudian mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga untuk memperjuangkan hak Paes membela Timnas Indonesia. Federasi berargumen bahwa pertandingan tersebut mengalami penundaan akibat situasi COVID-19.

Awalnya, kualifikasi tersebut direncanakan akan digelar dari 20 Maret 2019 hingga 13 Oktober 2020. Namun, pandemi COVID-19 menyebabkan babak kualifikasi diperpanjang hingga 17 November 2020.

Akhirnya, pada 18 Agustus, Maarten Paes dinyatakan resmi bisa membela Timnas Indonesia. Meski demikian, Paes belum bisa menjalani debutnya saat Indonesia menghadapi Arab Saudi pada 5 September.

Mantan kiper FC Utrecht itu baru bisa menjalani debutnya saat Indonesia menjamu Australia pada 10 September. Penundaan debut ini terjadi karena pendaftaran pemain untuk laga melawan Arab Saudi sudah ditutup saat Paes dinyatakan sah membela Garuda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline