Oleh: Mukhlis, S.Pd., M.Pd.
Surat lamaran pekerjaan adalah sarana komunikasi tertulis dari satu pihak ke pihak yang lain. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Marjo (2000:23).
Surat lamaran adalah permohonan yang dibuat oleh pencari kerja (pelamar kerja) untuk kemudian dikirimkan kepada suatu badan usaha atau instansi guna mendapat pekerjaan atau jabatan yang sesuai dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan.
Sebagai sarana komunikasi tertulis, dalam surat lamaran terdapat dua pihak yaitu pihak pertama sebagai pelamar kerja dan pihak kedua sebagai penerima tenaga kerja.
Pihak penerima tenaga kerja dapat berupa badan usaha atau instansi. Dalam hubungan ini, sarat lamaran dapat juga dipandang sebagai wakil diri sipenulis.
Oleh karena itu, surat lamaran hendaklah dibuat semenarik mungkin, baik dari segi bentuk maupun isi, agar pribadi penulis dapat dinilai menari oleh pihak kedua sehingga akhirnya dapat diterima.
Berdasarkan di uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa surat lamaran pekerjaan adalah surat yang mewakili sebagai penerus keinginan penulis.
Sebagai penerus keinginan penulis untuk mendapatkan pekerjaan tentunya harus sesuai dengan pilihan yang sudah ditentukan.
Fungsi Surat Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran pada dasarnya merupakan sarana komunikasi tertulis dari satu pihak kepada pihak lain. Dalam komunikasi terkadung ada informasi urgen informasi yang ingin disampaikan.
Informasi yang disampaikan dalam surat lamaran berupa permintaan atau permohonan, khususnya permohonan pekerjaan. Dengan demikian, fungsi surat lamaran pekerjaan adalah sebagai sarana untuk memohon atau melamar suatu pekerjaan. (Mustakim,1994:31)