Oleh: Mukhlis, S.Pd., M.Pd
Penulis produktif ini telah menghasilkan karya risalah keagamaan dan juga prosa yang sarat dengan ide-ide mistis. Selain menulis tentang karya-karya bernuansa tasawuf beliau juga menguasai bahasa Arab, bahasa Parsi, dan menguasai bahasa Urdu. Kepopuleran nama Hamzah Al- Fanzuri tidak diragukan lagi, banyak pakar telah mengkaji keberadaannya lewat karya-karyanya yang monumental.
Paham dan pemikiran tasawuf Hamzah Al- Fanzuri yang dibawanya bersama seorang muridnya bernama Syamsuddin Al-sumatrani. Mereka memainkan peranan penting dalam membentuk pemikiran dan praktek keagamaan kaum muslim nusantara pada paruh pertama abad ke- 17 M.
Ajaran-ajaran mereka sangat dipengaruhi oleh karangan-karangan Ibnu Arabi dan Al-Jilli. Misalnya, bahwa alam raya merupakan serangkaian emanasi neo-platonisme, dan menganggap setiap emanasi adalah aspek Tuhan. Tuhan sebagai wujud tunggal yang tiada bandingan dan sekutu menampakkan sifat-sifat kreatif-Nya melalui ciptaan-Nya.
Pendapatnya ini merujuk pada Al-Quran Surat Al-Baqarah, ayat 151 yang artinya Kemanapun kamu memandang akan tampak wajah Allah. Paham ini menyebabkan Hamzah Fansuri dan Syamsuddin dituduh sesat dan menyimpang. Pemikiran mereka akhirnya ditentang oleh ulama-ulama besar Aceh yang datang belakangan .
Semua karya dan kitab Hamzah Al- Fanzuri mengangkat tema tentang ketuhanan. Ini sesuai dengan bidang yang digelutinya selama bertahun -tahun. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa Hamzah Al- Fanzuri merupakan ulama dan sastrawan yang fenomenal hanya dikenali oleh sebagian masyarakat kecil di Aceh sampai hari ini.
Di kancah kesusastraan melayu beliau dikenal sebagai pelopor utama dan ulama besar yang pernah mengeluarkan fatwa demi Aceh bermartabat. Karena pemahamannya terhadap proses bergelut dengan tuhan dianggap berlawanan dengan umum telah membuat nama dan karyanya teraniaya. Pengaruh ulama besar yang datang belakangan seperti Nuruddin Ar-Raniry dan Syaih Abdul Rauf Al Singkili telah menggusur nama pujangga dunia ini di mata masyarakat Islam nusantara khusunya sebagai penyair sufi yang menganut aliran wahdatul wujud yang belum ada tandingannya di negeri ini.
Sebagai penutup penulis menyajikan satu penggalan syair Hamzal Al- Fanzuri
Sidang Fakir Empunya Kata
Tuhanmu zhhir terlalu nyata
Jika sungguh engkau bermata
Lihatlah dirimu rata-rata
Kenal dirimu hai anak jamu
Jangan kau lupa akan diri kamu
Ilmu hakikat yogya kau ramu
Supaya terkenal akan dirimu