Lihat ke Halaman Asli

Muklis Puna

TERVERIFIKASI

Guru SMA Negeri 1 Lhokseumawe

Kritik Sastra dan Permasalahannya

Diperbarui: 28 Oktober 2023   12:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

 Oleh Mukhlis, S.Pd., M.Pd.

"Sastra yang baik adalah sastra yang bertendens. Sultan Takdir Ali Syahbana dalam (Wiyatmi ,2008)"

Berangkat dari kutipan di atas penulis mencoba mengajak pembaca tentang kritik sastra ditinjau dari ilmu sastra itu sendiri. Dari segi etimologi bahwa kata kritik berasal dari bahasa Yunani ( Krities) dalam konteks aslinya kata tesebut berati penghakiman atau hukuman. Nah ketika sudah masuk ke dalam bahasa Indonesia yang dilalui lewat proses adaptasi dengan menyesuaikan bentuk penulisan dan pelafalan dengan tetap mepertahankan makna, maka berwujudlah kata kritik seperti yang digunakan saat ini. Ditinjau dari aspek perubahan makna sebuah kata ( peyorasi) artinya makna sekarang lebih mulia dari makna yang dulu, kata kritik tidak dimaknai sebagai hukuman atau penghakiman terhadap sebuah karya, akan tetapi digantikan dengan tanggapan terhadap karya sastra.

Tanggapan tersebut meliputi kapan karya itu diciptakan, bagaimana keadaan sosial pada saat diciptakan, bagaimana biografi penyairnya serta apa dampak karya tesebut terhadap masyarakat. Menurut Graham Hough (1966: 3), kritik sastra tidak hanya terbatas pada penyuntingan, penetapan teks, interpretasi, serta pertimbangan nilai. Menurutnya, kritik sastra meliputi masalah yang lebih luas tentang apakah kesusastraan itu sendiri, apa tujuannya, dan bagaimana hubungannya dengan masalah-masalah kemanusiaan yang lain.

Konsep di atas dapat diasumsikan bahwa menaggapi sebuah karya sastra apakah itu puisi novel dan cerpen tidak bisa hanya mengandalkan kumpulan aksara semata. Menurut hemat penulis mengacu pada kutipan di atas bahwa apa yang kita baca dalam teks tidak selamanya berlangsung seperti teks tersebut. Selanjutnya, nilai yang dikandung oleh setiap karya sastra merupakan hal yang hidden ( tersembunyi). Hal ini akan ditemukan jika sang kritikus mau menyelami dengan oksigen buatan dalm lautan aksara milik sang penyair.

Sebuah karya sastra tidak lahir dengan sendirinya. Peran bidan dalm membantu proses lahirnya sebuah karya sangat ditentukan. Bidan yang dimaksud dalm konteks ini adalah peristiwa alam, peristiwa batin atau mungkin pemberontakan penyair terhadap keadaan yang ada. Dalam hal ini pendekatan memesis adalah sebuah kreativitas yang dilakukan penyair melalui proses tiruan. Ini dapt dilihat pada karya sastra yang isinya, alur, penokohan seolah olah hampir sama dengan keadaan sebenarnya.

Menurut Pradopo ( 2009) fungsi kritik sastra yang dilakukan oleh pengkaji karya sastra adalah membantu memhami sebuah karya sastra., menunjukakeindahan dalam karya sastra, menentukan parameter dalam mengkaji karya sastra serta mengungkapkan nilai yang dikandung oleh karya sastra itu sendiri. Mengkritik karya sastra bukan berarti menghukum penyair atau pengarang dari hasil karyanya. Mengkritik sastra berarti membongkar segala tanda dan penanda dan maksud dari tujuan penyair. Bahkan jika perlu bagaimana psikologi seorang penyair pada saat karya itu diciptakan.

Baiklah penulis akan memaparkan beberapa jenis kritik sastra yang penulis pahami secara awam  Rene Welllek dan Abram (1981) mengelompokkan beberapa pendekatan yang digunakan dalm kritik sastra meliputi,'kritik mimesis, pragmatik, objektif, ekpresif, sosiologi, psikologi dan struktural. Mengingat ruang terlalu pendek penulis mencoba mengupas hanya beberapa jenis saja, ini pun masih jauh dari sempurna.

Kritik mimesis adalah sebuah kajian yang menanggapi bahwa karya sastra itu dilahirkan akibat adanya peniruan terhadap gejala yang terjadi. Secara morfologi memesis artinya tiruan, jadi kritik.memesis adalh bentuk kreativitas penyair dalm menghasilkan karya seolah olah sesuai dengan keaadan yang ada. Padahal ditinjau dari maknanya karya sastra adalah karya yang bersifat imajinatif. Selanjutnya, kritik sastra yang bersifat objektif adalah sebuah kritik yang membebaskan penyair, pengarang dari unsur yang membangun karya itu sendiri. Lalu.. Bagaimana dengan kritik pargmatik adalah sebuah kritik sastra yang memaparkan sejauh mana manfaat yang dihasilkan terhadap penikmat karya sastra. Kritik sastra yang mengunakan sosiologi sastra adalah sebuah karya sastra yang hanya bersandar pada keadaan sosial. Artinya.bagaimana sosiologi pembaca,sosiologi pencipta dalam karya sastra.

Dari berbagai kritik yang telah diuraikan di atas walaupun tidak secara komprehensif dapat ditarik benang merah, pertama kritik sastra membutuhkan pengetahuan yang cukup bagi si pengktrtik meliputi kehidupan penyairnya, status sosial penyair keadan masyarakat ketika karya itu ditulis, psikologisnya selain dari kajian utama yaitu kajian struktural.

Agar kritik sastra lebih berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat dan penyair khusnya di media sosial. Seorang kritikus harus berusaha menjauhkan sikap emosional dan mengedepankan sikap profesional. Seandainya ada penyair kesayangan karena karyanya bagus tetap mengedepankan kaedah kaedah kritik yang sesuai dengan ilmu kusasastran Indonesia. Akhirnya penulis mengharapkan adanya kebersamaan dan jalinan informasi tentang perkembangan sastra Indonesia. Majulah Indonesiku lewat karya anak bangsa yang menggetarkan dunia.  




Penulis  adalah  Pemimpin Redaksi jurnal Aceh Edukasi dan Guru SMA Negeri 1  Lhokseumawe




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline