Lihat ke Halaman Asli

Muis Sunarya

TERVERIFIKASI

Menulis tentang filsafat, agama, dan budaya

Dalam 15.000 Kali Kedipan Mata Per Hari, Apa Saja yang Anda Lakukan?

Diperbarui: 18 November 2020   17:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Kucing sedang mengedipkan mata genitnya / SHUTTERSTOCK.COM

Anggap saja ini adalah tulisan remeh-temeh. Mengudar hal yang remeh dan receh bertaut dengan sesuatu yang akrab dan dekat pada Anda.

Ini bisa jadi hal sepele yang jarang disadari, atau kebiasaan yang memang sering dilakukan salah satu organ tubuh Anda: Mata berkedip atau kedipan mata.

Mata Anda berkedip secara spontan untuk menebarkan air mata ke seluruh permukaan mata dan membersihkannya dari kotoran.

Ada dua otot yang berperan dalam berkedip, yaitu orbicularis oculi atau otot melingkar yang mengelilingi mata dan membuat mata dapat menutup: dan levator palpebrae atau otot kecil di kelopak mata atas yang membuat mata Anda bisa membuka.

Bayi tidak terlalu sering berkedip, tetapi dengan bertambahnya usia, maka akan lebih sering berkedip.

Anda sering berkedip dalam satu menitnya pada usia sekitar tujuh atau delapan tahun. Lalu, dengan bertambahnya usia, frekuensi berkedip pun sedikit berkurang. Rata-rata ada 12 sampai 20 kedipan mata dalam satu menit, atau satu kedipan setiap tiga sampai lima detik.

Tingkat aktivitas Anda juga menentukan berapa sering Anda berkedip. Misalnya, jika Anda sedang membaca, maka Anda berkedip lebih sedikit ketimbang ketika Anda berolahraga.

Jadi, rata-rata orang berkedip sekitar 15.000 kali setiap hari. (Lihat, Beth Ann Ditkoff, Why Don't Your Eyelashes Grow, 2008)

Kedipan mata ini terjadi karena memang spontan dan alami. Artinya, kedipan mata adalah suatu hal taken for granted. Memang adanya seperti itu. Mata dicipta tidak saja untuk melihat, tapi juga berkedip.

Hanya perlu diingat, bahwa ada juga kedipan mata yang terjadi karena memang disengaja, dan dilakukan dengan niat atau maksud. Artinya, ada kedipan mata yang berfungsi sebagai salah satu cara komunikasi nonverbal. Ada makna tertentu.

Dalam perkara seperti ini, maka dikenal dengan sebutan atau istilah kedipan mata manja, kedipan mata nakal, kedipan mata menggoda, kedipan mata genit (ganjen), dan sebagainya, saya tidak hafal sebutannya, apa lagi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline