Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Yusuf Nur Fadhlan

Mahasiswa UPI Prodi Pendidikan Teknik Arsitektur

Platform Quizizz Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Daring

Diperbarui: 15 Juli 2021   23:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Quizizz, Play to Learn

Negara Indonesia saat ini sedang berada dalam kondisi darurat seiring dengan perkembangan kasus virus Covid-19 yang membludak hingga mengakibatkan Negara Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara yang terpapar virus Covid-19 dengan kasus harian terbanyak di dunia per tanggal 6 Juli 2021. Tentunya hal tersebut mengakibatkan dampak buruk bagi seluruh warga Indonesia terutama dalam bidang kesehatan, ekonomi, dan pendidikan. Permasalahan ditiap bidangnya sudah terbukti dengan menurunnya kualitas kehidupan saat ini yang semakin hari semakin terhambat. Namun terdapat satu hal pasti yang semakin berkembang, yaitu teknologi. Ya, dalam setahun terakhir, perkembangan teknologi menjadi suatu solusi dalam mengatasi permasalahan pandemi saat ini. Teknologi juga berhubungan dengan media-media yang dapat membantu kegiatan sehari-hari. Dengan adanya teknologi, kehidupan manusia menjadi semakin efiektif dan efisien.


Perkembangan teknologi tentunya sangat berpengaruh dibidang pendidikan. Selama satu tahun terakhir, beberapa Sekolah dan Universitas baik negeri maupun swasta telah menerapkan pembelajaran secara daring. Tentunya pelaksanaan pembelajaran secara daring belum berjalan sepenuhnya dengan baik dikarenakan perlunya penyesuaian diri baik dari sisi pengajar maupun siswa. Pasalnya, dalam pembelajaran daring memerlukan media elektronik penunjang seperti gawai, laptop, dan sejenisnya guna membantu berjalannya pembelajaran secara daring. Kegiatan KKN Tematik MDBPE - MBKM tahun 2021 kali ini diharapkan dapat menjadi sebuah jawaban dalam mengatasi problematika di bidang pendidikan secara daring. Kegiatan KKN yang berlangsung di SMP Negeri 12 Bandung akan didampingi oleh mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Program Studi Pendidikan Teknik Arsitektur yang bernama Muhammad Yusuf Nur Fadhlan, juga didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Hayani Wulandari, M.Pd.

Kendala yang dialami oleh para staf pengajar di SMP Negeri 12 sendiri yaitu diperlukannya penyesuaian diri dalam mempersiapkan media pembelajaran daring. Ibu Ria (Humas SMPN 12 Bandung) juga mengatakan bahwasanya pembelajaran daring ini dapat menyebabkan materi yang diberikan menjadi tidak tersampaikan dengan baik dan jelas. Kemudian beberapa guru matematika pun mengalami kendala saat diharuskan membuat soal ujian yang menggunakan media seperti Microsoft Word. Selain itu, kendala pada Masa Orientasi Sekolah pun menjadi sebuah permasalahan baru dikarenakan murid kelas 7 yang baru masuk tidak dapat melihat secara langsung situasi Sekolah maupun bertatap muka dengan para guru dan rekan-rekan sebayanya.


Kurikulum SMP Negeri 12 pada saat ini menerapkan sistem kurikulum Sekolah Penggerak. Kurikulum tersebut diharapkan dapat melatih siswa untuk berpikir kritis dalam pemecahan masalah dalam kehidupan sehari- hari, mampu berkomunikasi dan berkolaborasi serta memiliki kepedulian terhadap lingkungan alam dan kepekaan sosial. Tentunya dengan menyesuaikan keadaan pandemi pada saat ini, diperlukan sebuah media yang dapat membangun semangat belajar para murid.


Penggunaan platform pembelajaran yang asik dan menyenangkan seperti “Quizizz” dapat dijadikan sebuah alternatif dalam mengatasi kejenuhan siswa pada kegiatan pembelajaran daring. Quizizz sendiri memiliki beberapa keunggulan dalam mewujudkan kurikulum Sekolah Penggerak. Dengan adanya batas waktu tertentu pada saat menjawab soal dapat melatih kemampuan siswa untuk berpikir kritis dengan cepat. Selain itu, proses evaluasi secara praktis dapat diterapkan oleh guru diakhir sesi kuis, dikarenakan nilai siswa dapat diakumulasikan dengan cepat. Platform Quizizz dapat dijadikan sebuah bukti bahwa siswa memperhatikan materi pembelajaran yang diberikan pada sesi sebelum kuis dilaksanakan. Karena masalah yang sering muncul disaat pembelajaran daring pada saat ini adalah kebanyakan siswa tidak memperhatikan materi disaat pembelajaran sedang berlangsung.


Pada dasarnya, platform Quizizz lebih diperuntukkan pada mata pelajaran yang bersifat teoritis, dikarenakan pertanyaan yang dirancang akan berdampak pada pemikiran kritis siswa dalam menjawab pertanyaan tersebut. Sehingga teruntuk mata pelajaran yang bersifat hitungan seperti matematika tidak disarankan untuk menggunakan platform Quizizz karena penilaian utama dari pelajaran matematika adalah proses dalam menemukan suatu jawaban.


Besar harapan penulis dan rekan-rekan anggota KKN Tematik MDBPE - MBKM UPI agar dapat mendampingi sebagian besar guru maupun siswa dan Orang tua siswa SMPN 12 Bandung dalam melewati masa pembelajaran daring untuk satu tahun kedepan maupun dimasa depan kelak. Semoga informasi terkait platform Quizizz ini dapat dijadikan sebagai salah satu solusi dalam kegiatan pembelajaran daring. Akhir kata, penulis berharap besar agar pembelajaran dapat kembali dilaksanakan secara tatap muka di sekolah. Untuk itu masyarakat diharapkan untuk saling bekerjasama dengan pemerintah dalam menghentikan penyebaran virus ini dengan mengikuti protokol kesehatan dan menerapkan 5 M.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline