Lihat ke Halaman Asli

Perkuat Motivasi: Mahasiswa FPUB Sukseskan Sosialisasi Pendidikan Anak, Loh!

Diperbarui: 27 Agustus 2023   22:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Gerakan FP Mengajar yang berasal dari Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya mengadakan sosialisasi wali murid dengan mengangkat tema ‘Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Pendidikan Anak’. Orang tua memiliki peran penting dalam meningkatkan pendidikan anak, salah satunya adalah sebagai sumber motivasi bagi anak untuk meraih pendidikan. Kehadiran orang tua dalam pendidikan anak dapat menentukan kesuksesan anak di kemudian hari. Sosialisasi yang dilakukan kepada wali murid dibawakan oleh salah satu dosen dari Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Mas Ayu Ambayoen, SP., M.Si.. Sosialisasi yang dilakukan mengundang wali murid dari seluruh siswa kelas 7, 8, dan 9 di SMPN 4 Karangploso Satu Atap, dan dihadiri lebih dari 50 wali siswa.

Salah satu isu yang teramati pada SMPN 4 Karangploso Satu Atap adalah kurangnya motivasi siswa untuk mengemban ilmu sebanyak mungkin. Mayoritas siswa SMPN 4 Karangploso Satu Atap tidak memiliki bayangan atau rencana untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Kebanyakan dari siswa/i yang berada di sekolah tersebut memilih untuk bekerja dibandingkan melanjutkan pendidikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa motivasi untuk melanjutkan pendidikan pada siswa SMPN 4 Karangploso Satu Atap masih minim. Oleh sebab itu, orang tua sangat berperan, sebab orang tua yang mengetahui perkembangan anak di kehidupan sehari-hari sehingga dengan kata lain orang tua juga harus memahami apa pentingnya pendidikan bagi anak yang nantinya orang tua dapat memotivasi anak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Terlaksananya kegiatan sosialisasi pendidikan ini juga dihadiri oleh beberapa guru yang juga memberikan beberapa sudut pandang dari guru, sebagai ‘orang tua’ siswa di sekolah. Sosialisasi yang dilakukan berjalan dengan lancar dan dipenuhi dengan antusiasme dari para orang tua. Interaksi antara pembicara dengan para wali murid juga terjadi pada sesi tanya jawab yang dilakukan. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, orang tua dapat lebih memahami pentingnya pendidikan sehingga mereka dapat memotivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, dan pada siswa juga akan termotivasi untuk mengemban pendidikan setinggi mungkin.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline