Lihat ke Halaman Asli

Muhsinul Ihsan

Belajarlah,,,,,

Covid-19: Membunuh Kreaitivitas?

Diperbarui: 22 Agustus 2020   21:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses Pembuatan Pakan Ayam Oleh Mahasiswa Tadris IPA Biologi FTK UIN Mataram (Dok. Pribadi)

SARS COV-2 merupakan family dari Coronaviridae yang menyebabkan penyakit Corona Viruses Desease 2019 (COVID-19). Penyakit ini berdampak besar terhadap berbagai aspek kehidupan seperti: aspek pendidikan, sosial, budaya, dan ekonomi. Pada aspek ekonomi, tidak sedikit masyarakat kehilangan pekerjaan termasuk para orang tua mahasiswa. berdasarkan kenyataan ini, mahasiswa harus sadar untuk menghemat pengeluaran dan jika memungkinkan mahasiswa harus mulai mandiri, tidak lagi membebani orang tua dalam hal biaya pendidikan.

Bagaimana caranya???

salah satu caranya adalah mulai mencoba merintis bisnis berbasis teknologi atau technopreneurship. Memulai bisnis tidak boleh dilakukan tanpa perhitungan dan pertimbangan. Bisnis yang baik adalah bisnis yang memiliki kreativitas di setiap tahapan bisnisnya. 

Apa contoh technopreneurship yang bisa dijalankan?

Salah satu model bisnis yang bisa diterapkan adalah usaha budidaya ikan atau beternak ayam dengan pakan tersuplementasi FOLICAR. usaha budidaya ikan dan beternak ayam sudah banyak yang melakukan, namun budidaya dengan menggunakan pakan tersuplementasi FOLICAR belum pernah dilakukan.

Apa itu FOLICAR? 

Folicar merupakan akronim dari Folium Carica (Daun Carica/Pepaya). Berdasarkan hasil riset yang dilakukan Program Studi Tadris IPA Biologi FTK UIN Mataram, FOLICAR dapat meningkatkan pertumbuhan biomassa ikan 3x lipat dalam waktu satu bulan. Hasil uji coba skala rumah tangga menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Para mahasiswa dan pembudidaya berhasil memangkas waktu budidaya menjadi 45 hari dari waktu normal (2-4 bulan). Pada pengembangan selanjutnya, mahasiswa Prodi Tadris IPA Biologi FTK UIN Mataram akan mensuplementasikan FOLICAR ke dalam pakan ayam berbasis bahan lokal yang diproduksi sendiri. 

Apakah bisa pakan dibuat sendiri? bagaimana caranya?

Pakan bisa dibuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan lokal. Cara membuatnya Insya Allah akan dibahas pada tulisan yang akan datang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline