Lihat ke Halaman Asli

Pembaharuan Tempat Sampah pada RT 01 RW 05 Kelurahan Nginden Jangkungan Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya

Diperbarui: 1 Juli 2022   10:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

RT. 01 RW. V KEL. Nginden Jangkungan adalah lingkungan yang sangat menjaga kebersihan lingkungannya. terbukti dengan kurangnya penemuan sampah yang di buang sembarangan di daerah tersebut. hal ini juga karena didukung dengan adanya tempat sampah yang memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan lingkungan. tempat sampah merupakan suatu wadah yang dipergunakan untuk menampung sementara berbagai sampah sebelum dibuang kepenampungan sampah.

Namun demikian, tempat sampah tersebut tidak dirawat sehingga tidak jarang warna catnya sudah memudar dan jika di biarkan terus menerus akan  mengakibatkan kerusakan.

Untuk meminimalisir permasalahan tempat sampah yang catnya sudah memudar perlu dilakukan upaya. salah satu upaya yang harus dilakukan ialah melakukan pembaharuan tempat sampah pada RT. 01 RW. V Kel. Nginden Jangkungan. salah satu mahasiswa Universitas 17 agustus 1945 Surabaya yaitu muhammad safrin dengan dosen pembimbing lapangan Dra. Ratnaningsih Sri Yustini, MM, melakukan kegiatan pegabdian kepada masyarakat dengan topik pembangunan desa.

"Dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pengabdian kepada masyarakat melakukan pembaharuan tempat sampah pada RT. 01 RW. V Kel. Nginden Jangkungan. Selain meminimalisir permasalahan tempat sampah yang catnya sudah memudar juga mengingatkan masyarakatnya untuk tetap menjaga kebersihan lingkungannya. ucap safrin

Mahasiswa kelahiran 2000 ini juga menegaskan "jika tempat sampah dibiarkan memudar begitu saja, dan tidak ada tindakan pembaharuan, akan berdampak buruk bagi semangat masyarakat RT. 01 RW. V Kel. Nginden Jangkungan dalam menjaga kebersihan lingkungannya".

Dok. pribadi

Melalui kegiatan KKN individu yang dilaksanakan selama 12 hari terhitung sejak tanggal 07-19 juni 2022 di RT. 01 RW. V Kel. Nginden Jangkungan. Ada beberapa program kegiatan dilakukan oleh mahasiswa tersebut dalam pembangunan desa yang  " kegiatan pertama, dilakukan pengecetan tempat sampah pada RT 01/RW V  Untuk meminimalisir tempat sampah yang mulai pudar.

Kegiatan Kedua, pemasangan poster pada tembok pagar dan dinding masyarakat RT 01/RW V bertujuan mengingatkan masyarakatnya untuk tetap menjaga kebersihan lingkungannya.

Kegiatan Ketiga, pengadaan tempat sampah yang di terima langsung oleh ketua Bapak Benny Setiyo. W selaku ketua RT. 01 RW. V Kel. Nginden Jangkungan dan nantinya akan diserahkan ke rumah warga yang belum mempunyai tempat sampah.

#UntagSurabaya

#KitaUntagSurabaya

#UntukIndonesia

#UntagSurabayaKeren

#EcoCampus

#Kampuskompeten




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline