Lihat ke Halaman Asli

DeRisalah

Seorang remaja yang mencoba tuk berkarya

Gimana Sih Cara Mengenal Tujuan Hidup

Diperbarui: 28 April 2023   16:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi Pribadi

Setiap orang punya prinsipnya masing masing, setiap orang punya target masing masing, dan tentunya setiap orang punya tujuan hidupnya masing masing. Namun yang jadi masalah adalah setiap orang belum tentu dapat menemukan tujuan hidupnya hingga saat ini?

Tujuan hidup dapat diartikan secara luas tergantung dari pribadi masing masing, ada yang mengartikan sebagai sesuatu yang ingin digapai hingga ke hal hal yang perlu dipersiapkan untuk jangka panjang. Tujuan hidup menjadi bagian penting karena dari hal itulah kita dapat mengatahui apa dan bagaimana kita kedepanya, bagaimana kita 10 atau bahkan 30 tahun kedepan. 

Prinsip atau tujuan hidup setiap orang berbeda beda, begitupun dengan cara mendapatkanya. Namun ada beberapa tips dari Duta SMA untuk mendapatkan tujuan Hidup :

1. Belajar dari pengalaman 

'Pengalaman adalah guru terbaik' adalh ungkapan yang tidak asing lagi di telinga kita. yaps betull demikian. pengalama memang manjadi sebuah pelajaran penting dikarenakan dari pengalaman kita dapat belajar banyak terkait diri kita, mulai dari kesalahan kita, kelebihan kita hingga ke hal hal kecil yang kita dapatkan dari sebuah pengalaman. Hal tersebut tentunya dapat mempermudah kita dalalm menemukan tujuan hidup.

2. Sadar Diri

Sadar akan diri kita, Sadar akan efektivitas waktu yang digunakan, sadar akan pentingnya pemanfaatan diri suasana, dan sadar akan kehidupan yang singkat merupakan sebauh minset atau pola pikir yang harus diterapkan oleh setiap orang. Dengan adanya minset tersebut dalam diri kita maka secara perlahan akan tujuan hidup kita yang sebenarnya akan ditemukan.

3.Kegagalan

Tujuan hidup tidak hanya di dapat dari pengalaman baik melainkan juga dari pengalaman buruk, kegagalan adalah salah satunya. kegagalan dapat mengajarkan kita apa yang menjadi kekurangan kita, apa yang layak dan sesuai dengan diri kita dan apa yang menjadi tujuan hidup kita hingga kita dapat mengetahui tujuan hidup kita yang sebenarnya.

Nahh itulah tips menemukan tujuan hidup ala Duta SMA. bagaimana dengan kalia? apakah kalian juga sudah menemukan tujuan hidup kalian? yukk cari tujuan kalian mulai dari sekarangg




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline