Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Luqman Hakim

bermanfaatlah bagi orang lain

Mahasiswa KKN Upgris 2021 Mengajak Masyarakat untuk Berinovasi Budidaya Ikan Bandeng

Diperbarui: 24 Februari 2021   14:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Dokumentasi Pribadi

Pada masa pandemi covid-19, masyarakat di Indonesia terdampak langsung di kehidupan salah satunya adalah aspek perekonomian, hal ini menimbulkan banyaknya warga yang kehilangan pekerjaanya. Hal ini menjadikan warga harus kreatif dan inovatif untuk mencari solusi dalam kesulitan ini. Covid-19 memukul keras perekonomian di Indonesia terutama pada masyarakat golongan menengah kebawah. 

Oleh karena itu Mahasiswa KKN UPGRIS 2021 menyikapi hal ini dengan mencari solusi yang memanfaatkan potensi yang ada di Dresi Wetan, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang. Di Desa Dresi Wetan, terdapat banyak tambak yang dikelola warga sekitar untuk budidaya Ikan Bandeng dan Udang.

Pemanfaatan hasil tambak yang berlimpah, seperti halnya Ikan Bandeng harus lebih kreatif dan inovatif, untuk meningkatkan perekonomian di tengah pandemi seperti saat ini. 

Oleh karena itu mahasiswa UPGRIS dalam rangka kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), memanfaatkan keberlimpahan hasil tambak Ikan Bandeng, yang diolah menjadi olahan hingga bernilai jual tinggi untuk meningkatkan penghasilan di masa pandemi seperti sekarang ini dan diminati semua kalangan.

Ikan Bandeng yang diolah menjadi Otak-otak, merupakan salah satu solusi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UPGRIS guna memaksimalkan potensi yang ada di Desa Dresi Wetan. 

Untuk bertujuan membantu warga sekitar dalam hal meningkatkan perekonomian yang sedang tidak bagus di masa pandemi sekarang ini.

img-20210220-wa0051-6035fa5bd541df5ec251e1f2.jpg

Proses pembuatan Otak-otak Bandeng sendiri membutuhkan bahan-bahan yang mudah didapatkan yaitu:

Bahan:

1. Ikan Bandeng

2. Kunyit

3. Bawang merah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline