Lihat ke Halaman Asli

MUH IHSAN PATAU

Saya berprofesi sebagai mahasiswa di Universitas Halu Oleh Kendari

Proyek-proyek Mega di IKN Nusantara: Swasta dan Pemerintah Bersatu untuk Investasi Rp 105 Triliun

Diperbarui: 4 November 2023   14:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

@icang022

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terus menjadi pusat perhatian dengan puluhan proyek megah yang sedang berlangsung. Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, saat ini sudah ada 13 proyek swasta yang berjalan di IKN dengan total investasi mencapai Rp 45 triliun. Sementara itu, pemerintah sendiri telah membangun infrastruktur dasar senilai lebih dari Rp 60 triliun. Jika ditotal, IKN telah menarik lebih dari Rp 105 triliun investasi baik dari sektor swasta maupun pemerintah.

Dalam upayanya untuk menjadi pusat administrasi dan ekonomi yang modern, IKN akan menjadi rumah bagi beragam fasilitas penting. Dari gedung perkantoran hingga rumah sakit, dari sekolah hingga hotel, dari mal hingga training center untuk PSSI, semuanya akan tersedia di ibukota baru ini. Yang menarik adalah komitmen untuk menjadikan IKN sebagai kota yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan energi matahari melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Tidak hanya itu, rencananya akan ada lebih banyak proyek groundbreaking di masa mendatang, yang akan semakin memperkaya infrastruktur dan fasilitas di IKN. Dengan begitu, IKN akan menjadi sebuah kota modern yang lengkap dan berkelanjutan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline