Lihat ke Halaman Asli

Muh Fatih Arrayyan

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati

Ranking dalam Pendidikan

Diperbarui: 6 Juni 2024   22:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian Ranking

Ranking dalam evaluasi pembelajaran adalah metode penilaian yang mengurutkan performa siswa berdasarkan nilai atau skor. Hal ini memberikan gambaran posisi relatif siswa dalam kelompoknya dan bertujuan untuk memberi umpan balik yang konstruktif, serta membantu guru merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif.

Jenis-Jenis Ranking

  1. Ranking Absolut: Mengurutkan siswa berdasarkan skor tanpa perbandingan dengan siswa lain.
  2. Ranking Relatif: Mengurutkan siswa dengan membandingkan skor mereka dengan siswa lain.
  3. Ranking Berdasarkan Kriteria: Mengurutkan berdasarkan pencapaian standar tertentu.
  4. Ranking Campuran: Mengombinasikan berbagai metode rangking.
  5. Ranking Dinamis: Mengurutkan secara berkala berdasarkan perkembangan.

Kriteria Penentu Ranking

  1. Pencapaian/Prestasi: Nilai hasil belajar siswa.
  2. Usaha: Upaya siswa dalam belajar.
  3. Aspek Pribadi dan Sosial: Sikap dan interaksi sosial siswa.
  4. Aspek Kebiasaan Kerja: Cara siswa mengerjakan tugas (tepat waktu, kerapian, ketelitian).

Tujuan Ranking

  1. Mengukur Kinerja Individu: Mengetahui posisi dan pencapaian siswa.
  2. Mendorong Kompetisi Sehat: Memotivasi siswa untuk belajar lebih giat.
  3. Memberikan Umpan Balik: Menyediakan informasi tentang kekuatan dan kelemahan siswa.
  4. Identifikasi Kebutuhan Pendidikan: Membantu pendidik mengenali area yang perlu diperbaiki.
  5. Evaluasi Program: Menilai efektivitas metode pengajaran dan strategi pembelajaran secara keseluruhan.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline