Lihat ke Halaman Asli

Muh Fatih Arrayyan

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati

Apa Aja sih Alat Evaluasi Berbentuk Non Tes

Diperbarui: 6 Juni 2024   21:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

oleh
Muhammad Fatih Ar
Linda Nurlina
Kharisma Pratama

Pengertian dan Jenis Alat Evaluasi Non-Test dalam Pendidikan

Evaluasi adalah proses untuk menilai kualitas, nilai, atau arti dari sesuatu, sering digunakan dalam pendidikan untuk mengukur hasil belajar siswa. Namun, evaluasi tidak hanya dilakukan dengan tes tertulis. Alat evaluasi non-test adalah metode atau instrumen untuk mengevaluasi kemampuan atau kinerja siswa tanpa tes tertulis, yang penting untuk menilai aspek afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan).

Jenis-Jenis Alat Evaluasi Non-Test

  1. Pengamatan (Observation)Observasi adalah proses mengamati dan mencatat fenomena secara sistematis. Dalam pendidikan, observasi digunakan untuk menilai perilaku siswa saat belajar, berdiskusi, atau mempraktikkan keterampilan. Terdapat tiga jenis observasi:

    • Observasi Partisipatif: Guru terlibat langsung dalam kegiatan siswa dan mencatat hasil pengamatan setelah kegiatan selesai.
    • Observasi Non-Partisipatif: Guru mengamati dari luar dengan alat observasi seperti kertas dan kamera.
    • Observasi Eksperimental: Mengendalikan situasi untuk melihat efek dari faktor tertentu terhadap perilaku siswa.
  2. Wawancara (Interview)Wawancara adalah percakapan untuk mengumpulkan data, dilakukan langsung antara guru dan siswa atau melalui perantara. Jenisnya meliputi:

    • Wawancara Terstruktur: Menggunakan pertanyaan yang sama untuk semua siswa.
    • Wawancara Tidak Terstruktur: Pertanyaan disesuaikan dengan responden.
    • Wawancara Semi-Terstruktur: Gabungan dari terstruktur dan tidak terstruktur.
  3. Angket (Questionnaire)Kuesioner adalah daftar pertanyaan yang diisi oleh responden untuk mengumpulkan data. Ada tiga bentuk kuesioner:

    • Kuesioner Tertutup: Responden memilih jawaban yang disediakan.
    • Kuesioner Terbuka: Responden memberikan jawaban bebas.
    • Kuesioner Semi-Terbuka: Kombinasi dari tertutup dan terbuka.
  4. JurnalJurnal mengajar adalah catatan harian yang dibuat oleh guru tentang sikap dan perilaku siswa, baik di dalam maupun di luar kelas. Ini membantu guru mengenal kekuatan dan kelemahan siswa.

  5. PortofolioPortofolio adalah kumpulan hasil karya siswa yang mencerminkan perkembangan belajar mereka. Ini dapat digunakan untuk menilai kompetensi siswa dalam tiga domain: kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Penilaian Non-Test dalam Ranah Afektif dan Psikomotorik

  1. Ranah AfektifRanah afektif berkaitan dengan sikap dan nilai, seperti perhatian siswa terhadap pelajaran, disiplin, motivasi, dan hubungan sosial. Alat evaluasi non-test yang bisa digunakan meliputi skala sikap, skala minat, observasi, wawancara, dan laporan pribadi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline