Lihat ke Halaman Asli

Masjid Agung Syaikh Qurro Karawan

Diperbarui: 13 November 2022   20:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpribadi

Masjid Agung Syekh Quro Karawang merupakan masjid pertama dan tertua dibangun pada tahun 1418 M yang menjadi pusat penyebaran Islam di Jawa Barat khususnya daerah Karawang, dan belum banyak diketahui masyarakat tentang sejarah keberadaan dari masjid ini. Keberdaannya hampir 6 abad, membuat masjid ini diharapkan menjadi panutan bagi masjid-masjid lainnya di Karawang. Untuk memperkenalkan pada masyarakat tentang masjid Agung Syekh Quro Karawang.
 
Peran yang penting bagi masjid Agung Syekh Quro Karawang yaitu mempertahankan tradisi di dalam identitas masjid yang memiliki sejarah di Karawang. Tradisi inilah yang membedakan dari masjid-masjid lainnya. Karena masjid Agung Syekh Quro Karawang masjid yang paling awal berdirinya diantara masjid di Jawa Barat. Fungsi dari masjid Agung Syekh Quro Karawang berfungsi untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan masyarakat lainnya seperti kegiatan sosial keagamaan kemasyarakatan. Perkembangan masjid, Agar menjadi pusat Religi, masjid itu menjadi sebuah wisata jadi tidak hanya tempat ibadah saja. Dahulu, masjid ini merupakan pondok pesantren dan tempat peribadatan para murid Syekh Quro serta para pendatang di pelabuhan Sundapura Pajajaran yang memeluk agama Islam.
 
Masjid Agung Karawang tepat berada di Alun-alun Barat Kelurahan Karawang Kulon, Kecamatan Karawang Barat, hingga saat ini sudah keempat kalinya di renovasi yaitu pada tahun 1635, 1954, 1994, dan tahun sekarang masih ada renovasi, Kehadiran Tugu Santri di halaman depan masjid yang populer juga dengan nama Masjid Alun-Alun ini, mengabadikan sebagian makna historis salah satu masjid kebanggaan warga Karawang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline