Tahukah anda bahwa 99,99% pelaku usaha di Indonesia bergerak dalam sektor UMKM? Hal yang cukup mengagetkan bahwasannya Usaha Mikro Kecil Menengah atau yang kerap disebut dengan UMKM merupakan salah satu penopang utama perekonomian Indonesia. Dari data Kementrian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta. Angka diatas berkontribusi menyerap tenaga kerja hingga 117 juta pekerja atau mencapai 97% dari daya penyerapan tenaga kerja di Indonesia.
UMKM sudah merajai perekonomian dari kota hingga ke pelosok desa, tak terkecuali Desa Dompyong. Desa Dompyong merupakan salah satu desa di Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek yang mempunyai berjuta potensi. Salah satu potensi tersebesar di desa ini adalah hasil susu sapi segar. Dimana Desa Dompyong menguasai 30% populasi sapi di Kecamatan Bendungan. Hal ini yang melatarbelakangi beberapa ibu-ibu di Desa Dompyong untuk mendirikan UMKM Susu Goreng, dimana UMKM ini berusaha untuk meningkatkan nilai jual dari susu sapi segar. Seperti kebanyakan UMKM yang baru berdiri, UMKM susu goreng juga mengalami permasalahan mengenai bagaimana cara memasarkan produk mereka. Selama ini penjualan dari produk mereka masih berkutat di daerah Desa Dompyong saja.
Tim mahasiswa pengabdian dari Universitas Negeri Malang yang tergabung dalam program MBKM BKP MD Desa Dompyong menginisiasi program pengenalan mengenai digital marketing. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 14 Oktober 2022 di Aula Balai Desa Dompyong. Pada kegiatan ini masyarakat dikenalkan apa itu digital marketing, tipe-tipe marketing hingga pentingnya digital marketing di era globalisasi ini. Dalam kesempatan tersebut banyak ibu-ibu yang tertarik untuk mendalami apa itu digital marketing.
Oleh karena itu, dalam kesempatan lain para mahasiswa juga melakukan pendampingan langsung kepada para pelaku UMKM utamanya UMKM susu goreng tentang bagaimana cara melakukan digital marketing untuk produk mereka. Dalam kegiatan ini yang menjadi fokus adalah tentang pembuatan video promosi produk dan juga pembuatan akun media sosial untuk penjualan.
Pembuatan video promosi bertujuan untuk menarik pelanggan baik yang dekat maupun jauh melalui media visual. Dimana dalam video ditampilkan mengenai bentuk susu goreng, harga susu goreng, hingga cara mendapatkannya.
Sedangkan untuk pembuatan akun media sosial memanfaatkan aplikasi Instagram. Dimana akun media sosial resmi dari UMKM susu goreng dapat diakses dengan mengetikkan @sugor_dompyong. Dimana dalam akun Instagram ini akan diupdate mengenai info-info terbaru termasuk didalamnya promo-promo menarik yang berlaku.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H