Lihat ke Halaman Asli

Muhdah ma

Mahasiswa Aktif Di "UNIVERSITAS MUHAMMADIYYAH PROF.DR HAMKA"

Penyampaian Ceramah oleh Mahasiswi PAI UHAMKA dengan Tema "Keutamaan Menuntut Ilmu"

Diperbarui: 19 Januari 2023   21:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Majelis Ta'lim Manbaul Barokah. dokpri

Majelis Ta'lim Mambaul Barokah merupakan Majelis Ta'lim mingguan yang diadakan setiap hari Selasa pukul 12.30. Majlis Ta'lim ini dikhususkan untuk ibu-ibu sekitar.  Majelis Ta'lim Mambaul Barokah sudah berdiri selama 17 tahun. Tujuan berdirinya Majelis Ta'lim ini agar masyarakat sekitar mengetahui Ilmu Fiqih yang mendasar seperti ilmu berumah tangga dalam islam. Adapun kitab-kitab yang dipelajari, yaitu An-nawafil karangan Drs. H. Ahmad Seadie, MA (Ustad dari Pondok Pesantren Al-Falah) dan Kasyful Ghoibiyah karangan Syeikh Zainal Abidin. Majelis Ta'lim Mambaul Barokah juga memiliki program-program mingguan maupun bulanan, seperti istighotsah, pengajian kitab, Maulid dan santunan yatim.

Pada hari Selasa, 20 Desember 2022. Majelis Ta'lim Mambaul Barokah melakukan pengajian rutin yang berisikan ibu-ibu setempat, kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh MC dan dilanjutkan dengan membaca yasin, ceramah-ceramah dan istighotsah. Pada saat itu pula, terdapat salah satu mahasiswi fakultas FAI UHAMKA yang berpartisipasi dalam pengisian ceramah.

Setelah pengajian dibuka oleh MC, selanjutnya pembacaan surah yasin yang dilantunkan oleh salah satu ibu-ibu pengajian, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan istighotsah yang dipimpin oleh Hj. Laila. Setelah kegiatan istighotsah selesai, terdapat kegiatan walimatu safar oleh ketua Majelis Ta'lim Manbaul Barokah yaitu Hj. Sahlah. Selanjutnya, setelah kegiatan walimatu safar selesai, dilanjutkan dengan pemberian materi yang dilakukan oleh Mahasiswi UHAMKA yaitu Muhdah Marommatul Aisy. Ia membawakan materi yang berjudul "Keutamaan Menuntut Ilmu".  Dengan isi, manusia diciptakan oleh Allah Swt. dari tanah tetapi Allah Swt. memberikan derajat yang lebih tinggi dibandingkan dengan makluk yang lainnya. Karena manusia dikaruniai oleh Allah Swt. ilmu yang lebih lengkap dibandingkan makhluk yang lainnya. Ilmu mempunyai peran penting untuk posisi kemuliaan manusia. Orang yang berilmulah yang akan diberikan kemuliaan oleh Allah, tanpa adanya ilmu manusia akan hina dan tidak bernilai. Sebagaimana firman Allah Swt.:

 Artinya Allah akan mengangkat orang oran yang beriman dan berilmu beberapa derajat

Inilah pentingnya manusia dalam menuntut ilmu. Tanpa belajar tak akan dapat ilmu. Tanpa ilmu tak akan dapat kemuliaan.

Setelah pemberian materi oleh mahasiswi FAI UHAMKA, selanjutnya pengisian materi oleh Ustadzah Tuti Amelia. Setelah penyampaian materi selesai, kegiatan terakhir adalah penutupan dengan pembacaan doa bersama yang dipimpin oleh Ustadzah Tuti Amelia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline