Sumber: LMS CGP
Assalamualaikum, Wr. Wb.
Salam bahagia sobat Kompasiana dan Bapak/Ibu guru hebat!
Calon Guru Penggerak (CGP) angkatan 7 sudah memasuki modul 3.2. "Pemimpin dam Pengelolaan Sumber Daya" per 2 Mei 2023. Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional inilah modul 3.2. pada LMS (Learning System Managemant) sudah dibuka secara sinkronus maupun asinkronus. Alur M-E-R-D-E-K-A pada Pelatihan Guru Penggerak dimulai dengan tahapan M yakni Mulai dari Diri dengan tujuan pembelajaran khusus mengingat kembali faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya.
Moda yang digunakan yaitu mandiri dengan durasi waktu 1 JP (45 menit). Pada asinkron ini CGP disuguhkan dengan 7 pertanyaan untuk mengingat kembali materi tentang ekosistem sekolah. Adaapun 7 pertanyaan dan jawabannya sebagai berikut.
1. Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas.
Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?
Ekosistem merupakan proses yang dilakukan mahluk hidup dan alam sekitarnya sebagai buah dari interaksi timbal balik keduanya. Terdapat dua interaksi dalam ekosistem sekolah yaitu lingkungan biotik dan abiotik. Biotik terdiri dari segala sesuatu yang hidup seperti sumber daya manusia, kepala sekolah, guru, murid, tenaga kependidikan, dst. Sedangkan abiotik berkaitan dengan nonhidup, misalnya visi misi sekolah, kurikulum, faktor keuangan, saran prasarana, humas, kepegawaian, lokasi strategis sekolah, dll. Kedua lingkungan tersebut saling bersinergi satu dengan lainnya guna menciptakan lingkungan belajar berbudaya positif.
2. Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?
Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.
Sumber yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah melalui dua hal yakni: a) pendekatan berbasis kekurangan atau masalah (deficit based thingking) dan 2) pendekatan berbasis aset atau kekuatan (aset based thingking). Berikut rincian penjelasan dari masing-masing pendekatan.