Lihat ke Halaman Asli

Muhapi Channel

Guru SMAN 22 Jakarta

Do'a Aneh Seorang Pemuda

Diperbarui: 2 Februari 2024   11:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar : dokpri

Suatu ketika  Amirul mu'minin Sayidina Umar bin Khatab melewati seseorang pemuda yang sedang memanjatkan do'a dengan khusyu. Melihat pemuda tersebut Sayidina Umar pun penasaran beliau berhenti sejenak untuk mendengarkan do'a apa yang sedang dipanjatkan. 

Terdengar do'a pemuda itu dengan penuh harap meminta, "Ya Allah jadikanlah aku bagian dari orang-orang yang sedikit'." Sayidina  Umar pun terheran-heran dan bertanya, "Do'a apa ini?" Pemuda tersebut pun menjawab,  "Wahai Amirul Mukminin, aku hanya ingin menjadi hamba Allah yang bersyukur. Bukankah di dalam al-Qur'an disebutkan dengan jelas, "...Dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang bersyukur." (QS. Saba', 34: 13)


Di dalam surah Ar-Rahman disebutkan bahwa  "Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" Ayat ini diulang berkali-kali oleh Allah, menandakan bahwa pada kenyataannya banyak sekali manusia yang tidak bersyukur atas nikmat Allah Swt.


Jumlah manusia di bumi pada Nov tahun 2022 sebanyak 8 miliar (www.kompas.com/18 sept 2023). Sementara manusia yang memeluk Islam sebanyak 2,19 miliar (www.wikipedia.org). Dari data tersebut menunjukkan bahwa umat Islam lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah manusia di bumi.

Sesuai dengan firman Allah SWT:

"Dan mereka berkata, "Hati kami tertutup." Tidak! Allah telah melaknat mereka itu karena keingkaran mereka, tetapi sedikit sekali mereka yang beriman."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 88)

.....Mereka tidak beriman kecuali sedikit sekali."
(QS. An-Nisa' 4: Ayat 46)

....." Ternyata orang-orang beriman yang bersama dengan Nuh hanya sedikit."
(QS. Hud 11: Ayat 40)


Dari 2, 19 miliar yang muslim dengan aqidah yang benar pasti lebih sedikit lagi. Dari umat Islam yang beraqidah benar yang beribadah dengan baik mungkin jumlahnya lebih sedikit. Dari umat Islam yang ibadahnya benar yang melakukan dengan ikhlas pasti lebih sedikit lagi. Dari umat Islam yang ikhlas dalam beribadah yang dijadikan pewaris para nabi sebagai da'i pasti lebih sedikit lagi. Oleh sebab itu ketika kita diberikan hidayah menjadi orang Islam alangkah baiknya kita bersyukur pada Allah SWT.


Semoga kita senantiasa menjadi orang-orang yang bersyukur kepada Allah SWT.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline