Lihat ke Halaman Asli

M Zia Al Ayyubi

Pelajar, Penulis, Mahasiswa

Tuhan yang Menciptakan Keberagaman: Perbedaan adalah Keniscayaan

Diperbarui: 2 April 2022   11:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Sebuah keniscayaan bahwa beberapa dari kita pernah mengalami fase krisis intoleransi terhadap perbedaan. Biasanya, fase tersebut dialami ketika masa puber, di mana pada masa tersebut, psikologi kita sedang diuji krisis identitas “siapa saya.” Ditambah dengan pengaruh eksternal, yang kebetulan, materi-materi yang terserap pada fase tersebut adalah materi yang berbau intoleransi. “Apa yang aku yakini adalah yang paling benar, dan yang berbeda denganku adalah salah,” kata egoisnya kala berucap.

Intoleransi dengan yang berbeda kepercayaan agama, hingga yang berbeda secara sekte atau mazhab adalah beberapa bentuk krisis intoleransi. Terlepas dari kebenaran teologis, atau agama apa yang benar, sikap intoleransi adalah bentuk multikulturalisme yang diciderai. Padahal jika dilihat lebih dalam, setiap agama mengajarkan nilai-nilai toleransi sebagai bentuk aplikasi-multikulturalisasi.

Misalnya dalam agama Kristen, disebutkan dalam Kitab Perjanjian Baru Galatia 3:28 bahwa semua manusia berasal dari suku, bangsa, serta kelas sosial dipersatukan dalam Kristus. Artinya, semua orang mendapatkan kasih Kristus tanpa memandang siapa dan dari mana asal-usul mereka.

Adapun dalam kitab suci agama Hindu, nilai aplikasi-multikulturalisasi ini dapat dijumpai dalam Kitab Yajur Weda 40.7. Disebutkan bahwa “seseorang yang mengangap seluruh umat manusia memiliki atman yang sama dan dapat melihat semua manusia sebagai saudaranya, orang tersebut tidak terikat dalam ikatan dan bebas dari kesedihan.” Sesama manusia pada sejatinya adalah saudara, seorang makhluk yang diberikan jiwa dari Yang Kuasa.

Sementara itu, di dalam Al-Qur’an yang merupakan kitab suci umat Islam, dalam salah satu ayatnya Q.S. Al-Hujurat (49): 13 menjelaskan bahwa Allah menciptakan manusia dengan gender laki-laki dan perempuan, kemudian Ia jadikan mereka menjadi suatu kumpulan manusia yang berbangsa-bangsa, bersuku-suku agar manusia dapat saling mengenal. Ibn ‘Asyur menjelaskan bahwa ayat ini berkaitan tentang pentingnya untuk bermu’amalah dan menjaga seseorang.

Sehingga konsekunsinya adalah sesama manusia dilarang untuk merendahkan orang lain. Karena boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik dari pada yang merendahkan, sebagaimana yang disebutkan pada dua ayat sebelumnya. Menurut Ibn Katsir, perbuatan merendahkan manusia ini merupakan tindakan yang haram dilakukan.

Secuil ajaran dari beberapa agama yang disebutkan di atas, meskipun dengan kepercayaan teologis Tuhan yang berbeda, namun kesemuanya mengajarkan nilai kesetaraan manusia atas suratan Tuhan yang menghendaki perbedaan-perbedaan bagi makhluk-Nya. Tidak cukup hanya dari nilai dan ajaran agama, namun perlu aktualisasi kesadaran akan perbedaan yang tercipta.

Untuk mewujudkan kesadaran pluralisme-multikulturalisme, perlu adanya bangunan komunikasi lintas budaya maupun antar budaya yang beroperasi dalam masyarakat multikultural. Setidaknya ada tiga unsur penting selama membangun proses komunikasi, yakni pertemuan berbagai kultur dalam waktu dan tempat tertentu, pengakuan terhadap pluralisme-multikulturalisme, dan perubahan perilaku individu.

Ketika berbicara multikulturalisme yang berkaitan dengan persoalan kodrat manusia, maka yang hadir adalah sebuah keanekaragaman kultural, kesetaraan dalam perbedaan, dialog antar budaya, kebebasan berbicara tanpa pandang status sosial, serta dinamika kebudayaan dalam konteks globalisasi. Manusia yang multikultural akan bersinggungan dengan sebuah kesetaraan atau equalisme.

Sikap antipati, intoleransi pada “keanekaragaman dan perbedaan kulural” akan berbuntut panjang pada sikap diskriminatif. Sikap tersebut akan semakin mebuat gap jika tanpa ada komunikasi dan solusi. Pada akhirnya pluralisme-multikulturalisme ini tidak dapat lepas dari isu mayoritas dan minoritas, dominan atau tidak dominan dalam sebuah kelompok. Nilai-nilai ajaran agama yang berupa toleransi, menghargai, simpati-empati, dan yang utama adalah pengakuan terhadap perbedaa-perbedaan itulah yang menjadi benteng kerukunan umat manusia sebagai aktualisasi kesadaran akan perbedaan yang digariskan Sang Pencipta.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline