Membuat iklan merupakan sebuah cara untuk kita mempromosikan sebuah produk yang kita miliki agar dapat mendorong minat para masyarakat yang melihatnya. Dalam sebuah dunia bisnis, peran iklan sangat lah penting untuk membantu membangun minat masyarakat kepada produk yang kita miliki dan memiliki daya saing pada perusahaan yang sama atau serupa.
Iklan memiliki dua jenis, yaitu iklan dalam ruangan (indoor advertisement) dan iklan luar ruangan (outdoor advertisement). Keduanya memiliki peran yang sama, hanya saja penempatan publikasinya yang berbeda. Iklan dalam ruangan dipromosikan pada media-media yang ada di dalam ruangan, seperti TV, brosur, kartu nama, banner, dan pamflet.
Sedangkan kalo iklan luar ruangan dipromosikan kebalikan dari iklan dalam ruangan, yaitu pada media yang ada di luar ruangan, seperti billboard, baliho, spanduk, neon box, Street banner dan lain-lain.
Pada kali ini saya akan menganalisis kesalahan yang ada pada penulisan iklan luar ruangan yang saya temukan. Pada umumnya penulisan pada bahasa Indonesia masih banyak ditemukan kesalahan. Kesalahan tersebut sering kali ditemukan pada kesalahan ejaan yang digunakan, karena tidak sesuai dengan kaidah penulisan yang ada.
Data 1
Kesalahan penulisan yang ada pada iklan luar ruangan di atas ini merupakan kesalahan pada ejaan, yang dimana kesalahan penggunaan huruf kapital.
Main Game di Perjalanan.
Buka Rekening TMRW Biar Cuan.
Kalimat tersebut masih salah dalam penggunaannya karena tidak sesuai dengan kaidah yang ada atau tidak sesuai dengan PUEBI. Karna penggunaan huruf kapital digunakan pada huruf pertama dalam sebuah kata atau kalimat, terkecuali pada penamaan pada judul tulisan, penulisan penamaan orang, dan penamaan lokasi. Jadi yang benar pada kalimat di atas sebagai berikut:
Main game di perjalanan
Buka rekening TMRW biar cuan
Data 2