Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Yusuf Ansori

Mari berkontribusi untuk negeri.

Tiga Generasi di Bawah Satu Atap Plus Kawanan Domba

Diperbarui: 27 Juni 2024   19:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto: pexels.com/eyup_bellen 

Pola demikian masih kami jalankan. Dalam rumah, tinggal nenek, ayah, ibu dan anak-anak ditambah kawanan domba yang dipelihara selayaknya bagian dari keluarga.

Di desa kami, tidak banyak keluarga yang menjalani pola demikian. Sebagian besar, tidak lagi memelihara domba karena kekurangan lahan untuk membangun kandang. Lagipula, banyak anak muda di desa memilih untuk merantau ke kota dan meninggalkan tanah kelahirannya.

Bisa dikatakan, keluarga kami masih tertinggal dalam hal gaya dan cara menjalani kehidupan. Apa yang kami lakukan merupakan sesuatu yang telah dijalani banyak orang di berbagai penjuru dunia. Sesuatu yang tidak lagi menarik bagi sebagian orang karena masih dianggap tidak bisa menyesuaikan tuntutan zaman.

Mungkin, di belahan negara lain pola seperti ini pun tidak lagi dilakukan banyak orang. Sebagaimana tampak di dalam gambar, seorang kakek di Turkiye masih menggembala domba. Mungkin juga keluarga di Arabia melakukan hal yang sama. Tampaknya, tidak jauh berbeda dengan Amerika.

Di sela ratusan ekor makhluk berbulu, ada sosok yang telah lama menemani mereka. Bisa jadi, domba-domba itu menemaninya sejak bayi, remaja kemudian beranak pinak. Berulang, hingga tidak menyadari jika waktu pun berlalu.

Foto: dokpri.

Tinggal bersama orang tua memang tidak lagi menjadi tradisi di desa kami. Entah karena perubahan persepsi atau karena tuntutan profesi, anak-anak bersikeras meninggalkan orang tuanya di kampung. 

Andaikan harus tinggal satu atap, tentu karena keterpaksaan. Bisa saja, keinginan terbesarnya adalah memiliki kehidupan sendiri. Apa daya, belum memiliki rumah menjadi alasan utama masih satu atap dengan orang tua. 

Tuntutan keluarga dan budaya untuk bisa lepas dari ikatan dengan orang tua. Wajar, generasi sebelumnya mengharuskan demikian. Membentuk budaya yang memaksa anak untuk menjauh dari sosok yang melahirkan dan membesarkannya. Lagipula, orang tua pun tidak keberatan jika harus hidup jauh dari anak dan cucunya. Toh, mereka pun akan menengoknya jikalau Lebaran dan liburan.

Keinginan untuk hidup mandiri memang hal yang baik. Wajar jika sang anak ingin segera berpisah dengan orang tuanya. Kalau bisa, pergi jauh mengarungi lautan mencari sesuatu yang baru demi  sebuah pengalaman. Hal yang tidak bisa ditemui di kampung halaman.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline