Lihat ke Halaman Asli

Faktor-faktor Kesuksesan dalam Dakwah

Diperbarui: 3 Juni 2024   16:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Faktor Kesuksesan Dakwah. Penulis: Syamsul Yakin Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Muhammad Yasir Atallah. Faktor Kesuksesan Dakwah mencakup banyak aspek.

 Misalnya saja pemanfaatan teknologi dan ketelitian dalam memilih pendekatan, strategi, dan metode dakwah.

 Namun, yang sama pentingnya dalam konteks praktik adalah pengembangan bahasa retoris dakwah.

 Oleh karena itu, dalam mengembangkan retorika dakwah lisan, baik lisan maupun tulisan, setidaknya perlu mempertimbangkan tiga hal: menggunakan bahasa yang baku, berbasis data, dan berbasis penelitian.

 Pertama, Anda perlu menggunakan bahasa default.

 Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahasa Mandarin adalah kata bahasa Indonesia yang tepat dan benar.

 Forum resmi biasanya menggunakan bahasa default.

 Yang ingin saya sampaikan pada poin ini adalah bahwa bahasa asing dapat digunakan sebagai pengalih perhatian dalam komunikasi apa pun, baik lisan maupun tulisan.

 Tujuannya adalah untuk menanamkan rasa percaya diri pada penonton.

 Bahasa gaul dan bahasa daerah mungkin penting, namun begitu juga dengan memilihnya sekali atau dua kali.

 Tujuannya adalah agar audiens mendekati pembicara dan menceritakan lelucon atau lawakan sebagai pemecah kebekuan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline