Lihat ke Halaman Asli

Apa sih yang Disebut Digital Marketing Itu?

Diperbarui: 8 Februari 2021   19:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Sejarah Pemasaran Digital


DIGITAL MARKETING. Sejarah pemasaran digital itu sendiri terkait erat dengan revolusi teknologi, teknologi analog atau teknologi manual ke teknologi digital pada 1980-an. Pada saat itu, kehadiran produk teknologi digital telah mulai muncul di dunia. Jadi dengan kehadiran produk digital yang terus muncul dari metode pemasaran yang mengubah media pemasaran konvensional ke media pemasaran digital. Di dunia pemasaran digital, media harus mendukung kegiatan pemasaran digital memiliki beberapa jenis media, yaitu:

1. Optimalisasi Mesin Pencari (SEO)
SEO adalah teknik pemasaran Internet untuk mengoptimalkan situs web di mesin pencari untuk posisi visibilitas di mesin pencari. Dalam hal ini, SEO digunakan untuk meningkatkan hasil pencarian situs web di halaman pertama halaman dalam pencarian mesin pencari. Keuntungan menggunakan teknik referensi adalah untuk memberikan peluang besar bagi orang untuk melihat, mengakses, dan membeli sesuatu melalui situs web melalui perantara mesin pencari.

2. Pemasaran Media Sosial (SMM) dan Optimasi Media Sosial (SMO)
Pemasaran media sosial atau kita tahu bahwa SMM adalah teknik dalam pemasaran internet yang berfokus pada kegiatan media sosial, baik merek pemasaran atau pengembangan melalui media sosial. Dalam pemasaran media sosial menawarkan beberapa metode pemasaran berdasarkan jenis platform media sosial yang tersedia.

3. Pemasaran Konten (Menulis Salin)
Copy Writing adalah metode untuk membuat tulisan yang dapat menghasilkan tulisan yang mempengaruhi respons atau tindakan berdasarkan keinginan penulis. Penggunaan salinan editor dalam pemasaran internet sangat penting untuk menimbang bahwa menulis adalah upaya untuk memenuhi kebutuhan pembeli dengan barang-barang yang kami jual. Salin editor akan mempengaruhi perilaku pembeli, seperti perekaman, pembelian, hafalan atau realisasi tujuan lain tergantung pada tulisan yang kami lakukan.

4. Pemasaran melalui email
Metode pemasaran atau pemasaran melalui email menggunakan pesan elektronik (email) sebagai sarana penyebaran informasi. Metode pemasaran melalui email dapat berasimilasi dengan proses siaran melalui SMS. Hanya saja dalam pemasaran e-mail memiliki metode khusus untuk email yang kami kirim tidak mengandung elemen spam.

5. Tampilan Periklanan (DA)
Tampilan periklanan adalah metode iklan melalui situs web. Konten yang disediakan dapat menjadi tulisan, gambar, atau video untuk tujuan mengembangkan merek atau untuk menjawab pengguna untuk mengunjungi situs web. Sebagai iklan di Facebook, Twitter, Instagram atau situs web - situs web menerima tampilan ruang iklan.

6. Pemasaran Afiliasi (AM)
Pemasaran afiliasi adalah pengelolaan pemasaran yang menggunakan orang lain untuk membantu menjual produk yang kami miliki melalui situs web. Dapat dikatakan bahwa pemasaran afiliasi akan menjadi reseller atau dropship, apakah mereka menjual produk dengan pertukaran komisi pemilik properti atau untuk dijual kembali dengan harga yang berbeda.

7. Periklanan Seluler (MA)
Periklanan seluler memiliki kesamaan dengan layar iklan. Hanya saja, media periklanan yang digunakan dalam iklan seluler adalah melalui aplikasi seluler seperti aplikasi Android atau aplikasi iOS.

DIGITAL MARKETING

4 tahap pemasaran media sosial
Fungsi bagian-bagian ini harus menyaring dan menyesuaikan konsumen untuk menjadi pembeli potensial dan membeli transaksi pada produk yang kami pasarkan. Beberapa level harus dilakukan oleh pemasaran untuk penjualan internet, yaitu:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline