Lihat ke Halaman Asli

Muhammad TriIrfan

Muhammad Tri Irfan

Penggunaan Media Dakwah Selama Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 22 Agustus 2020   13:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Media dakwah adalah alat-alat yang digunakan untuk menyampaikan,  isi/pesan dakwah kepada Mad'u . Pada zaman modren sekarang ini, media dakwah sudah seperti televise, video, kaset rekaman, majalah dan surat kabar.

Media dakwah media dakwah diambil dijadikan patokan yang awalnya yaitu tu salah satu contoh media yang dilakukan Nabi Sulaiman Alaihissalam berdakwah kepada Ratu Balqis melalui Burung Hud Hud yang membawa surat ajakan beriman  iman kepada Allah. sebagaimana dijelaskan dalam surah An naml 28

                                                                                                                                                                                                                                        ٱذْهَب بِّكِتَٰبِى هَٰذَا فَأَلْقِهْ إِلَيْهِمْ ثُمَّ تَوَلَّ عَنْهُمْ فَٱنظُرْ مَاذَا يَرْجِعُونَ

Artinya : Pergilah dengan (membawa) suratku ini, lalu jatuhkanlah kepada mereka, kemudian berpalinglah dari mereka, lalu perhatikanlah apa yang mereka bicarakan.

Berdasarkan kisah di atas menjelaskan bahwa pesan dakwah dapat disampaikan melalui perantara atau media dan peranan media menjadi penting ing untuk menyampaikan dakwah dengan seluas-luasnya jangkauan pesan yang diinginkan media  sendiri berkembang pesat seiring dengan berkembangnya zaman semakin baik media cetak media audio media audio visual media internet, maka menjadi kesempatan bagi para Dai untuk menyebarluaskan kan dakwahnya. Namun tidak semudah itu bedak Wah melalui media karena memiliki tantangan dan melihat situasi kondisi keadaan media yang yang lebih efektif digunakan seperti contoh pada masa covid 19 pemerintah anjurkan tidak berkumpul  kumpul karena akan mempermudah perluasan virus Corona maka dakwah metode yang dilakukan biar biasanya dengan cara ceramah ah di masjid it majelis ke ruangan pertemuanlapangan menjadi  terhambat maka metode dakwah  yang dilakukan  kan berubah menjadi metode pengajaran dengan menggunakan media yang efektif, media itu? maka  media yang paling  tepat, yaitu:

○ internet,

○ audio visual, dan

○ audio.

Media Internet

Media internet terletak pertama Karena paling banyak digunakan oleh para Dai dan madu seperti aplikasi YouTube, Google met Zoom dan aplikasi lainnya dan yang kedua yaitu media audio visual Seperti televisi dan ketiga yaitu audio seperti radio.

Nah kita akan membahas media-media yang disebutkan di atas Seperti apakah media-media tersebut

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline