Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Thesar Renanda Rizky

Mahasiswa Ilmu Komunikasi konsentrasi Hubungan Masyarakat President University

Peran Artificial Intelligence dalam Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial CommStride

Diperbarui: 16 Mei 2023   18:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.instagram.com/commstride/

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan menjadi pembicaraan hangat akhir-akhir ini. Dengan kehadiran salah satu Generative AI (GAI) seperti ChatGPT, dapat memudahkan kita dalam membantu dan mengolah pertanyaan-pertanyaan sulit hingga yang detil sekali pun. Karena kepopuleran dan kehebatannya, membuat manusia semakin nyaman dan bergantung pada fenomena ini.

Pegasystem menemukan sebanyak 55% konsumen sudah merasa nyaman dengan kehadiran AI dalam berinteraksi di sektor bisnis. Ditambah laporan oleh We Are Social, tercatat hingga januari 2023, sebanyak 167 juta orang Indonesia aktif dalam menggunakan sosial media. Bersamaan dengan penggunaan sosial media yang bertambah, kebutuhan AI dalam memaksimalkan sebuah kebutuhan pada media sosial juga ikut bertambah. 

Platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lainnya telah memanfaatkan AI dengan cara yang menarik. Salah satu pemanfaatan AI dalam media sosial adalah dapat memaksimalkan efisiensi unggahan konten yang diunggah pengguna. Sehingga dapat tertuju kepada konsumen yang memiliki ketertarikan yang sama. 

Oleh karena itu, akun media sosial @commstride memanfaatkan hal tersebut dalam menyuarakan dalam meningkatkan visibilitas Program Studi Ilmu Komunikasi President University yang positif oleh masyarakat. @commstride memanfaatkan media sosial Instagram sebagai platform utama mereka. Dalam praktiknya, Instagram dijadikan sebagai media publikasi dan membangun serta meningkatkan brand awareness @commstride.

Lalu, bagaimana akun Instagram @commstride dapat memaksimalkan AI dalam meningkatkan brand awareness mereka? Simak penjelasannya di bawah ini.

Memprediksi Konsumen

Tim media sosial Instagram @commstride memanfaatkan bantuan AI dalam mengumpulkan data tentang prospek konsumen. AI dapat membantu personalisasi akun media sosial untuk mempelajari profil target konsumen melalui kunjungan profil.

Dengan kunjungan yang dilakukan konsumen terhadap akun @commstride, AI dapat membantu konten mana yang paling menarik minat konsumen. Sehingga tim media sosial dapat memprediksi konten yang pas dengan target konsumen. 

Pembuatan Konten

Setelah mengetahui target audiens, pembuatan konten yang ingin diunggah sangat penting untuk dipertimbangkan. Tim media sosial @commstride terus mengunggah konten yang bisa menarik target konsumen dan selalu mengevaluasi konten yang efektif. AI hadir dalam memberikan ide kepada tim media sosial melalui generative AI seperti ChatGPT. Apa pun jenis konten yang ingin dibuat, AI dapat membantu dalam memberikan ide yang tetap berfokus pada kebutuhan konsumen.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline