Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Thesar Renanda Rizky

Mahasiswa Ilmu Komunikasi konsentrasi Hubungan Masyarakat President University

Membuat Konten Kreatif Melalui PINTAR

Diperbarui: 7 November 2022   22:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Di tengah maraknya media digital, konten kreatif tentu saja sudah menjadi suatu hal yang sering kita dengar. Pada tanggal 5 - 6 November 2022, Mahasiswa Ilmu Komunikasi konsentrasi Hubungan Masyarakat, President University mengadakan Public Relations Interactive Webinar (PINTAR) yang berjudul "How to Become Creative Communicators with Creative Content?" yang dilaksanakan online melalui aplikasi Zoom.

PINTAR merupakan program webinar tahunan yang diinisiasi oleh dosen Ilmu Komunikasi President University, Abhirama S.D. Perdana, S.Pd., M.Ed., MComn&MediaSt. dibantu dengan mahasiswanya yang sudah dilakukan sejak tahun 2020 saat pandemi Covid-19 berlangsung.

Pada tahun ini, PINTAR mengundang 4 pemateri yang berkaitan erat dengan tema yang dibawakan. Dimulai dari Meivi Isnihijah sebagai Head of Content di Unithree, Catleya Ayundasari sebagai Content Writer for KFC, Unithree, Muhammad Hilmi sebagai Graphic Designer di Modena, dan Amelia Nur Fauziah sebagai Senior Creative Writer di Pasarnow & Supplynow.

Pada hari pertama, Meivi Isnihijah menjelaskan dalam materi yang berjudul "How to be an unstoppable 'Creative Thinker' in Professional Creative Industry" bahwa Berpikir kritis dapat membantu untuk menemukan ide yang kreatif. Bermulai dengan peka dan perhatikan apapun di sekitar dan analisa hal yang sedang diperhatikan ungkap Meivi.

"Semakin banyak experience yang kalian dapatkan semakin banyak ide yang kamu dapatkan" tutur Meivi.

Salah satu alumni President University, Catleya Ayundasari ikut serta memaparkan materi tentang "A beginner Guide to Creative Content Writing" di hari pertama pelaksanaan PINTAR. Catleya mengungkapkan setelah mendapatkan ide kreatif untuk produk konten, kita perlu mengetahui sasaran audiens hal itu akan membantu menaikan engagement konten tersebut.

Hari kedua pelaksanaan PINTAR diisi pemateri pertama oleh Muhammad Hilmi, Ia menjelaskan dalam materi yang berjudul "Step by Step to Utilize your Friends" bahwa kerja di dalam industri kreatif memiliki pro dan kontra tersendiri. Dimulai dari kita harus siap mengikuti perkembangan zaman yang ada, hingga kita bisa eksplore kreativitas yang ada dalam diri sendiri.

"Sangat bagus jika kita membuat konten yang original, tapi tidak apa juga jika kita mencari referensi di industri kreatif." ungkap Hilmi.

Pemateri ditutup oleh Amelia Nur Fauziah sebagai pembicara kedua di acara PINTAR. Amelia berbicara sebagai Senior Creative Writer dalam materi yang berjudul "Create Professional Writing With Creativity: Narasi - Imajinasi - Emosi". Amelia menjelaskan kita bisa menggunakan beberapa tools untuk membantu kita dalam membuat creative writing yang dapat menaikan engagement sebuah organisasi atau bisnis. Ia juga menjelaskan bagaimana membuat Press Release dengan menarik kepada peserta.

Webinar yang dilaksanakan dua hari ini tidak hanya diisi dengan pemateri saja, melainkan ada sesi ice breaking di tengah acara. Selanjutnya, Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat apresiasi kepada pembicara webinar, diikuti dengan pengumuman pemenang lomba games, pengumuman best participant webinar, serta penutupan oleh ketua pelaksana. Tidak lupa dengan sesi foto bersama dengan peserta, panitia, dan pembicara webinar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline