Lihat ke Halaman Asli

Dashat Dapur Sehat di Desa Degayu, Pekalongan Utara

Diperbarui: 11 Juli 2024   10:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1.1 Mahasiswa UNNES GIAT 9 dengan pihak kelurahan Degayu, Sumber : Siti Asyifa, 2024 (Dokumen Pribadi)

Dashat Dapur Sehat di Kelurahan Degayu, Pekalongan Utara

Pekalongan, 5 Juli 2024 -- Pada hari Jum'at, diadakan acara Dashat Dapur Sehat di Kelurahan Degayu, Pekalongan Utara. Acara ini berlangsung di RW 01 pada hari Jum'at Sabtu dan senin, tepatnya di rumah Bu Qonatun yang akrab dipanggil Bu Atun, dan merupakan bagian dari program KKN UNNES GIAT 9 2024.

"Acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya pola makan sehat dan cara memasak makanan bergizi agar terhindar dari stunting", ujar Fikri sebagai ketua kelompok Unnes Giat9 di desa degayu. Kami sangat antusias menyambut para masyarakat Degayu yang datang.

Gamabar 1.2 Mahasiswa UNNES GIAT 9 sedang melakukan Demo Dashat, Sumber :  Siti Asyifa, 2024 (Dokumen Pribadi)

Dalam acara tersebut, dihadirkan berbagai kegiatan menarik seperti demo memasak makanan sehat, diskusi mengenai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, serta tips dan trik dalam memilih bahan makanan yang segar dan berkualitas. Selain itu, peserta juga diberikan kesempatan untuk mencicipi berbagai hidangan sehat yang telah disiapkan oleh kelompok KKN UNNES GIAT 9 Kelurahan Degayu.

"Kami berharap dengan adanya acara ini, masyarakat dapat lebih memahami pentingnya menjaga pola makan sehat dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari", ujar Valerie selaku anggota kelompok UNNES GIAT 9 Kelurahan Degayu yang memandu acara tersebut.

Gambar 1.3 Pelaksanaan Dapur Sehat Sumber :  Siti Asyifa, 2024 (Dokumen Pribadi)

Para peserta mengaku sangat antusias dan berterima kasih atas ilmu yang didapatkan dari acara ini. Mereka berharap kegiatan seperti ini dapat rutin diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan melalui pola makan yang baik agar terhindar dari stunting.

Acara Dashat Dapur Sehat ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan pembagian resep masakan sehat kepada para peserta, yang diharapkan dapat menjadi panduan mereka dalam menerapkan gaya hidup sehat di rumah masing-masing. Kegiatan ini juga mendapatkan apresiasi dari tim PMT lokal (Program Makanan Tambahan) yang telah berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline