Lihat ke Halaman Asli

Syukri Muhammad Syukri

TERVERIFIKASI

Menulis untuk berbagi

Bingung Pilih Obyek Wisata, Umroh Yuuukk

Diperbarui: 25 Juni 2015   23:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

[caption id="attachment_145637" align="alignright" width="300" caption="Masjid Hudaybiyah, salah satu tempat bersejarah di Mekkah  "][/caption] Menjelang akhir tahun, orang sering bingung memilih lokasi wisata yang akan dikunjungi. Kebingungan itu muncul disebabkan oleh sejumlah lokasi wisata yang direncanakan sudah pernah dikunjungi. Disamping itu, tidak tersedianya penginapan yang memadai, termasuk salah satu penyebab urungnya liburan akhir tahun. Daripada urung berlibur, lebih baik mengambil paket wisata dan ibadah.

Sebenarnya, sangat banyak tempat wisata yang layak untuk dikunjungi, tergantung niat dan tujuan masing-masing. Bagi seorang muslim, barangkali wisata dan ibadah menjadi sebuah pilihan yang menarik. Disamping memperoleh nilai pahala dari ibadah umroh, kita juga berkesempatan mengunjungi dan berziarah ke sejumlah tempat-tempat bersejarah di Mekkah dan Madinah.

Sejumlah travel yang menangani paket umroh memberi harga dan service yang bervariatif, termasuk tempat-tempat bersejarah yang akan dikunjungi. Bahkan ada travel yang menawarkan paket ziarah ke Mesir sebelum atau sesudah melaksanakan umroh, tergantung kepada kita dan kesanggupan biayanya. Hitung-hitung jika mengunjungi lokasi wisata lain di luar negeri, malah ongkos dan biayanya lebih besar lagi. Apakah tidak lebih baik di akhir 2011 ini kita mengambil paket wisata plus ibadah?

[caption id="attachment_145638" align="alignleft" width="300" caption="Mengunjungi peternakan unta sekitar 5 Km arah jalan pulang dari Jikranah menuju Mekkah. Ditempat itu, kita juga bisa menikmati susu unta, minuman bergizi dan kaya mineral."][/caption] Pada dasarnya, umroh berarti kunjungan atau ziarah dengan cara tertentu. Umroh sering juga disebut dengan haji kecil. Ibadah umroh dapat dikerjakan di musim haji, bisa juga dilaksanakan diluar musim haji, kapan ada kemudahan biaya dan kesempatan. Tata cara umroh dimulai dengan memakai pakaian ihram dari tempat miqat, dilanjutnya dengan tawaf mengelilingi Ka'bah, terus sa'i dari shafa ke marwah, setelah itu diakhiri dengan tahalul (memotong rambut).

Di Mekkah terdapat dua tempat miqat yang dekat. Pertama adalah Tan'im terletak di jalan menuju ke Madinah (sekitar 6 Km dari Masjidil Haram). Menuju Tan'im dapat digunakan taxi atau angkot dengan ongkosnya sekitar 10 riyal per orang. Kedua adalah Ji'ranah yang letaknya sekitar 15 Km arah Timur Laut Mekkah melalui jalan As-Sail ke arah Qarnul Manazil. Menuju ke lokasi miqat Ji'ranah ini, biasanya travel menyewa sebuah bis karena jarang angkot yang menuju ke tujuan Ji'ranah.

[caption id="attachment_145640" align="alignright" width="300" caption="Kalau berkesempatan jalan-jalan ke Jeddah, jangan lupa shalat di masjid atas air Laut Merah."][/caption] Selesai umroh, perlu juga dikunjungi beberapa tempat bersejarah di Mekkah dan Madinah. Apabila paket tournya juga sampai ke Mesir, jangan lupa mengunjungi Bukit Thursina di Gurun Sinai untuk ziarah ke Jabal Musa, dan beberapa makam nabi di lokasi itu seperti Makam Nabi Harun. Bila di Cairo, perlu juga mengunjungi masjid dua menara, yaitu Masjid Al Azhar dan pasar Al Khalili disebelah masjid tersebut. Termasuk mengunjungi masjid Khalid bin Walid, piramid dan Museum Cairo di Tahrir Square. Di Museum itu kita dapat menyaksikan mumi Firaun (Ramses II) yang tenggelam di Laut Merah. Mari berwisata sambil beribadah....

[caption id="attachment_145641" align="alignleft" width="300" caption="Masjid Al Azhar, masjid yang memiliki dua menara. Kalau ke Cairo, perlu mengunjungi masjid ini sebelum berbelanja di pasar Al Khalili."][/caption]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline