Lihat ke Halaman Asli

Anti Narkoba di Era Saat Ini

Diperbarui: 30 November 2023   12:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

poster.antinarkoba.com

NAPZA, singkatan dari narkotika, psikotropika, dan bahan aditif lainnya, adalah bahan atau zat yang bila masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi tubuh, terutama susunan syaraf pusat atau otak, sehingga jika disalahgunakan akan menyebabkan gangguan kesehatan fisik, psikis, atau jiwa dan fungsi sosial .

Setelah masuk ke dalam tubuh, narkoba atau NAPZA mempengaruhi tubuh, terutama struktur syaraf pusat dan otak. Akibatnya, jika disalahgunakan, dapat menyebabkan gangguan fisik, mental, dan fungsi sosial serta kebiasaan, kecanduan, atau ketergantungan terhadap NAPZA.Dalam bidang layanan kesehatan, istilah NAPZA biasanya digunakan untuk menggambarkan upaya penanggulangan dalam hal kesehatan fisik, psikis, dan sosial. NAPZA juga sering disebut sebagai psikoaktif, yaitu zat yang mempengaruhi otak sehingga mengubah perilaku, perasaan, dan pikiran.

Ada tiga jenis ketergantungan NAPZA: pengguna, penyalah guna, dan pecandu. Pengguna adalah individu yang menggunakan narkoba hanya untuk tujuan rekreasi, relaksasi, atau relaksasi, dan kehidupan mereka tidak terkait dengan penggunaan narkoba. Pengguna sosial rekreasional juga disebut sebagai pengguna sosial. 

Penyalahgunaan narkoba didefinisikan sebagai seseorang yang mengalami masalah secara langsung berhubungan dengan penggunaan narkoba . Masalah tersebut dapat berasal dari fisik, mental, emosional, atau spiritual. Penyalah untuk selalu menolak untuk berhenti selamanya. sementara pecandu adalah seseorang yang memiliki hasrat atau obsesi fisik, mental, atau emosional. Bagi pecandu, tidak ada hal yang lebih penting selain mendapatkan obat, sehingga mereka akan merasa sakit dan putus obat jika mereka tidak memilikinya.

Kecanduan NAPZA mengancam masa depan setiap orang, bukan hanya penyalahgunanya, tetapi juga masa depan bangsa dan negara, tanpa memandang usia , strata sosial, ekonomi, atau tingkat pendidikan. Penyalahgunaan narkoba dapat menyebabkan atau memicu kejahatan seperti pencurian, perampokan, dan berbagai jenis kekerasan maupun seks bebas. Selain itu, masyarakat yang tidak produktif, tingkat kejahatan yang meningkat, dan kurangnya fasilitas pengobatan untuk korban narkoba akan menyebabkan negara mengalami kerugian.

Dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba dan psikotropika dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti pencegahan, seperti memberikan bimbingan dan pengawasan dalam keluarga; kuratif, seperti pengobatan melalui medis atau media lain; rehabilitatif, seperti menjaga agar korban tidak kembali kecanduan narkoba; dan represif, seperti menggunakan hukum.

kita sebagai masyarakat indonesia harus menghidarkan barang tersebut, karena dampak bagi tubuh, mental, pikiran juga sangat berpengaruh. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline