Lihat ke Halaman Asli

Kebiasaan Santri Sehari-hari

Diperbarui: 15 Juli 2023   13:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Mengaji

Mengaji adalah salah satu kewajiban bagi umat islam apa lagi di kalangan pesantren. Mengaji tidak hanya di lakukan di lingkungan pesantren saja, melainkan bisa di lakukan di mana sajanyang kita mau seperti di rumah, makam waliyullah, di masjid/mushola, dll. Mengaji tidak hanya sekedar di baca-baca saja melainkan juga memperhatikan makhroj, tajwid, panjang dan pendeknya. Ada juga yang menggunakan metode dengan cara menghafalkan atau bisa di sebut tahfidz. Sebenarnya ada banyak istilah tentang mengaji yaitu mengaji Al-Qur'an, fikih, Tasawuf, Akhlaq dan masih banyak lagi, tetapi semua itu tergantung dari diri kita mau milih yang mana.

Ada banyak manfaat mengaji yang perlu kamu ketahui, antara lain adalah:

Mengelola stres

Saat keadaan menjadi sulit pasti pikiran menjadi terganggu, meskipun bukan karena hal yang besar. Saat pikiran terganggu dan tidak segera diatasi, tidak menutup kemungkinan kamu akan stres karena terus-menerus memikirkannya tanpa menghadapinya. Kemudian jika sudah stress, tanpa kamu sadari maka aktivitas lainnya akan terganggu.

Maka dari itu stres perlu dikelola, nah mengaji ini adalah salah satu cara yang tepat untuk mengelola stress kita lho. Salah satu teknik yang bisa dicoba yaitu mengaji Al-Qur'an dengan cara mendengarkan murotal Al-Qur'an lewat online seperti YouTube atau Spotify. Karena saar kita mendengarkan pikiran akan menjadi lebih baik dan bisa tenang.

Paham ilmu agama

Saat kita sudah tumbuh dewasa atau baligh apalagi belum terlalu paham tentang ilmu agama, maka kita bisa belajar ilmu agama yaitu dengan cara mengaji kitab kuning seperti fikih, tasawuf, akhlak, tauhid, hadis. Jika ingin mengaji maka bisa datang di tempat-tempat terdekat, misal ikut ngaji di pesantren.

Mengendalikan emosi

Jika merasa tidak bisa mengerjakan tugas atau pekerjaan kantormu di tempat yang ramai, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu tidak memiliki kontrol emosi yang baik lho. Salah satu cara mengendalikan emosi adalah dengan melakukan mengaji Al-Qur'an dengan cara membacanya langsung dan menghayati. Selain meredakan gangguan kecemasan, menjadi lebih tenang, merasa bahagia, dan berpikir positif, hanya dengan mengaji ternyata bisa meningkatkan kinerja otak yang berperan proses belajar, mengingat, dan berkonsentrasi

Berkhitmah(mengabdi marang yai)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline