Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UNEJ Peringati Kemerdekaan Indonesia ke-78 dengan Lomba-lomba Meriah di Desa Jetis

Diperbarui: 13 Agustus 2023   11:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelaksanaan lomba makan krupuk untuk memperingati HUT RI ke-78 (PDD KKN UMD 108)

Peringatan kemerdekaan Indonesia menjadi hari yang sangat istimewa dan dirayakan dengan penuh semangat oleh seluruh lapisan masyarakat. Berbagai budaya dan adat turut dilakukan dalam rangka merayakan momen bersejarah ini yang menandai usia kemerdekaan Indonesia yang ke-78.

Pentingnya keberagaman budaya dalam perayaan kemerdekaan ini mencerminkan kekayaan bangsa Indonesia. Namun demikian, peringatan kali ini juga menjadi momen untuk merefleksikan perjalanan bangsa selama 78 tahun ini, sekaligus menatap masa depan dengan semangat kebersamaan.

Mahasiswa KKN UNEJ ikut berpartisipasi dalam memeriahkan kegiatan HUT kemerdekaan Indonesia yang ke-78 sebagai panitia pengadaan lomba di Wilayah RT 01 RW 01 Dusun Langsep, Desa Jetis. Lomba ini dilaksanakan dalam dua sesi, yaitu lomba keagamaan pada hari Sabtu pukul 18.00 malam, dan lomba kesehatan fisik pada hari Minggu mulai pukul 08.00 hingga selesai.

Pelaksanaan lomba keagamaan bersama masyarakat RT.1/RW.1

Antusiasme warga RT 01 RW 01 Dusun Langsep menyambut baik acara ini, karena selain sebagai ajang untuk meningkatkan tali persaudaraan dan keakraban antar warga, lomba ini diharapkan mampu mengajak anak-anak untuk lebih aktif berpartisipasi dan mengurangi ketergantungan pada gadget.

Penyusunan konsep lomba melibatkan diskusi dengan pihak RT dan pihak desa lainnya dengan berkoordinasi secara efektif. Lomba dibagi berdasarkan tingkatan usia dan status peserta, yaitu tingkat PAUD dan TK, SD dan SMP, serta tingkat ibu dan bapak. Ada lima jenis lomba yang diselenggarakan, yaitu lomba tartil, sambung ayat, pukul air, nyunggi tempeh, dan makan krupuk.

Dengan adanya peran aktif mahasiswa KKN UNEJ dalam menyelenggarakan lomba-lomba tersebut, diharapkan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 semakin meriah dan sukses dalam memupuk semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Semoga momen bersejarah ini memperkuat semangat kebangsaan dan memotivasi untuk terus berkontribusi dalam mewujudkan cita-cita bangsa yang lebih maju dan sejahtera.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline