Lihat ke Halaman Asli

Definisi Yang Siknifikan Terkait Asas Asas Pendidikan Islam

Diperbarui: 13 November 2022   00:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Oleh Muhammad sulthon maulana ilham

Mahasiswa prodi PAI institute islam nahdatul ulama (INISNU)temanggung

Kata asas berarti dalam bahasa indonesia merupakan unsur  serapan  bahasa  arab, yaitu kata asas yang bentuk  jamaknya adalah usasun. Seperti dalam ungkapan  asas al-hukm diartikan sebagai asas hukum. Begitu pula dalam ungkapan  'ala usasin yang berati pada dasarnya, dan ungkapan al-huquq al-asasiah li al-insan yang diartikan sebagai  hak-hak asasi manusia.

Dalam kamus indonesia inggris, kata asas diartikan dengan principle (prinsip) dan fondation (pondasi/dasar), seperti dalam ungkapan" pada asasnya" disamakan dengan fundamental atau on principle. Begitu pula dalam kamus inggris-indonesia, kata principle diartikan sebagai  dasar, permulaan ,aturan pokok dan asas (Khaeruddin, Ilmu Pendidikan Islam, 2002: 26).

Dengan demikian , dapat dikatakan bahwa kata asas, dasar dan prinsip mempunyai padanan arti yang sama, yaitu sebagai sesuatu yang menjadi ide pokok, pijakan atau pegangan dalam melakukan sesuatu. Dalam hubungannya dengan pendidikan islam,  Hasan Langgulung mengemukakan  bahwa asas-asas pendidikan, didalam bahasa Arab disebut  ushul al tarbiyah atau dalam bahsa inggris disebut  fondation of education yang dianggapnya sebagai  jalan untuk  memahami  ilmu Pendidikan  sebagai sutau disiplin ilmu. Disamping itu, asas mrupakan pandangan  yang  mendasari seluruh  aktivitas pendidikan, baik dalam rangka penyusunan teori, perencanaan, mau[pun pelaksanaan pendidikan itu sendiri (Khaeruddin, Ilmu Pendidikan Islam 2002: 27).

Oleh karena itu asas-asas  pendidikan sebagaimana yang akan dijelaskan  disini tidak lain adalah gagasan-gagasan yang menjadi dasar pertimbangan  atau pembentukan kerangka pikir dalam penyusunan  teori-teori pendidikan  Islam yang  terkristalisasi dalam rencana program pendidikan  Islam serta dapat diaktualkan dalam aktivitas pendidikan itu sendiri (Khaeruddin, Ilmu Pendidikan Islam 2002: 27).

Asas Pertimbangan Dalam Pendidikan Islam

Sebagaimana yang disebutkan lebih awal  bahwa salah satu faktor penunjang ketercapaian  tujuan pendidikan Islam  adalah faktor nilai yang dijadikan sebagai pandangan hidup masyarakat. Pandangan hidup tersebut  dalam perspektif pendidikan Islam bersifat transenden , universal dan internal yang bersumber pada  Alquran dan hadits Rasulullah SAW (Khaeruddin, Ilmu Pendidikan Islam 2002: 28).

Namun demikian, mengingat banyaknya nilai-nilai yang termuat dalam kedua sumber ajaran tersebut , maka Achmad  mengangkat beberapa diantaranya  yang dianggap sangat fundamental, asasi dan dapat merangkum berbagai nilai yang lain yaitu nilai tauhid,  kemanusian  dan kesatuan manusia sebagai ummah li al'alamin sebagai asas atau dasar pertimbangan dalam Pendidikan Islam (Khaeruddin, Ilmu Pendidikan Islam 2002: 28).

Dalam hal ini, Hasan Langgulung juga mengemukakan beberapa asas yang menjadi tempat tegaknya pendidikan Islam  dalam intraksi, materi, inovasi, serta tujuannya yaitu asas historis asas sosial, asas ekonomi, asas politik dan administrasi, asas psikologi dan terakhir adalah asas filsafat atau filosofis (Hasan Langgulung, Asas-asas Pendidikan Islam, 2008: 7).

Muhammad  Munir Mursy mengemukakan beberapa aspek  yang menjadi asas pendidikan  islam yaitu :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline