Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Saddam Husein

Mentor Sekolah Ekspor

Russell Rebut Pole Position Hasil Kualifikasi F1 GP Kanada 2024

Diperbarui: 9 Juni 2024   09:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Balap. Sumber ilustrasi: PEXELS/Pedro Sandrini

Bogor --- George Russell meraih pole position dalam Formula 1 GP Kanada 2024. Pebalap Mercedes mengungguli Max Verstappen dari Red Bull dan Lando Norris dari McLaren.

Russell mencatat waktu putaran terbaik selama 1 menit 12 detik untuk mengambil posisi terdepan di grid saat berlangsung di Circuit Gilles Villeneuve pada Minggu (9/6) dini hari WIB. Verstappen membuntuti di belakang dengan torehan waktu yang sama.

Karena berhasil mencatat waktu lebih awal, Russell berhak atas posisi yang lebih baik. Verstappen harus puas memulai balapan dari urutan kedua.

Hal ini pernah terjadi pada GP Jerez 1997, balapan pamungkas tahun itu yang menentukan juara. Jacques Villeneuve, Michael Schumacher, dan Heinz-Harald Frentzen masing-masing mencatatkan waktu 1 menit 21,072 detik.

Norris berada di urutan ketiga dengan selisih 0,021 detik. Rekan setimnya, Oscar Piastri, berada di urutan keempat dengan catatan waktu 1 menit 12,103 detik, dan Daniel Ricciardo dari Racing Bull berada di urutan lima dengan catatan waktu 1 menit 12,178 detik.

Selanjutnya ada Fernando Alonso yang mengukir waktu 1 menit 12,228 detik. Pebalap Aston Martin tersebut mengungguli Lewis Hamilton yang hanya bisa mencatat waktu terbaik di trek selama 1 menit 12,280 detik.

Dalam sepuluh besar grid, Yuki Tsunoda, Lance Stroll, dan Alexander Albon melengkapi. Dua pembalap Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz, gagal lolos ke sesi tiga, sehingga mereka hanya menempati urutan sebelas dan dua belas, yang menjadi kejutan.

Sergio Perez juga harus memulai balapan dari posisi 16 setelah gagal tembus ke sesi dua. GP Kanada 2024 akan dimulai pada Senin 10 Juni pukul 01.00 WIB.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline